HANDAYANI, SRI (2021) Analisis kemampuan komunikasi siswa kelas iv dalam pembelajaran daring sd n 1 karangrejo desa karangrejo juwana, pati. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (213kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (226kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini berawal dari permasalahan di era saat ini yaitu berkurangnya komunikasi siswa selama pembelajaran daring. Maka penelitian ini membahas tentang kemampuan komunikasi siswa kelas IV di SD N 1 Karangrejo selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian naratif sebagai tahapan penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa hasil belajar tinggi, siswa hasil belajar sedang, dan siswa hasil belajar rendah, guru, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini keabsahan data menggunakan cara triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa dengan hasil belajar tinggi kemampuan komunikasinya termasuk baik dalam berkomunikasi. Siswa dengan hasil belajar sedang memiliki kemampuan komunikasi yang cukup baik, serta siswa dengan hasil belajar yang rendah memiliki kemampuan komunikasi yang cukup dan kurang baik. Faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi siswa dengan hasil belajar yang tinggi termasuk faktor eksternal lebih berpengaruh dalam berkomunikasi. Pada siswa dengan hasil belajar sedang faktor komunikasi termasuk faktor internal yang lebih mempengaruhi, sedangkan pada siswa dengan hasil belajar yang rendah faktor komunikasi yang mempengaruhi yakni faktor internal yang lebih mempengaruhi dalam berkomunikasi selama pembelajaran. Penelitian ini hendaknya siswa meningkatkan keaktifan belajar dalam mengikuti pembelajaran. Siswa dapat mendengarkan serta memahami pesan-pesan yang disampaikan oleh guru dengan baik. Menggunakan gawai sebagai media komunikasi saat pembelajaran dan yang tidak mempunyai gawai diharap tetap mengikuti pembelajaran secara langsung.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing (1) Siti Masfuah, M.Pd. (2) Lintang Kironoratri, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Komunikasi, Pembelajaran Daring |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 20:17 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 20:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15841 |
Actions (login required)
View Item |