Kemampuan emosional anak autis dalam konsentrasi pembelajaran daring di slb cendono kudus

Hartati, Novita Dwi (2021) Kemampuan emosional anak autis dalam konsentrasi pembelajaran daring di slb cendono kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
halaman judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Anak yang mempunyai kelainan fisik atau mental, bukan berarti harus disingkirkan tetapi hendaknya mereka tetap terpenuhi pendidikannya melalui pelayanan pendidikan secara khusus yang diharapkan dapat memperbaiki kelayakan dalam taraf hidupnya. Anak penyandang autis cenderung menyibukkan diri dengan aktivitas yang hanya melibatkan dirinya sendiri dengan benda-benda mati yang disukainya. Saat dipaksa untuk bergabung dengan yang lain mereka akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain dan bila dipaksakan akan mengakibatkan krisis emosi pada diri anak. Anak penyandang autis memiliki kecenderungan lemah dalam pengendalian emosi (sulit mengontrol emosinya). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan emosional anak autis dan untuk mengetahui karakteristik anak autis. Penelitian ini membahas tentang kemampuan emosional anak autis dalam pembelajaran daring dan karakteristik anak autis dalam konsentrasi pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SLB Cendono Kudus, dengan mengambil subyek penelitian 12 anak autis dengan kemapuan emosional dan karakteristik yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar dokumentasi berupa data-data kemampuan emosional anak autis dalam konsentrasi, dan foto-foto, lembar observasi kemampuan emosional dan karakteristik anak autis, lembar wawancara guru dan kepala sekolah untuk mengetahui kemampuan emosional dan karakteristik anak autis. Hasil penelitian ini yaitu perilaku anak autis memiliki karakteristik yang berbeda antara anak satu dengan anak lainnya. Salah satunya ada siswa yang suka berteriak-teriak, berbicara sendiri, dan ada yang rajin mengerjakan tugas dari gurunya. Kemampuan emosional anak autis dalam konsentrasi pembelajaran daring di SLB Cendono Kudus masih rendah yaitu pada saat pembelajaran daring anak sangat hiperaktif, sehingga sulit untuk mengikuti pembelajaran dengan baik, pada saat pembelajaran daring konsentrasinya kurang, suka berbicara sendiri, terkadang suka menyakiti diri sendiri, dan pada saat pembelajaran daring lebih suka bermain dibandingkan mengerjakan soal daring dari gurunya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (1) Nur Fajrie, S.Pd, M.Pd, (2) F. Shoufika Hilyana, S.Si, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Emosional Anak Autis, Konsentrasi, Pembelajaran DarinG
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2021 21:42
Last Modified: 21 Oct 2021 21:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15854

Actions (login required)

View Item View Item