Pengembangan bahan ajar ipa berbasis potensi lokal dengan model sains teknologi masyarakat untuk siswa kelas v sekolah dasar di kabupaten kudus

ABSHOR, DEVY AUFIA (2021) Pengembangan bahan ajar ipa berbasis potensi lokal dengan model sains teknologi masyarakat untuk siswa kelas v sekolah dasar di kabupaten kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar IPA berbasis potensi lokal dengan model sains teknologi masyarakat untuk siswa kelas V sekolah dasar di kabupaten kudus; (2) mendesain bahan ajar IPA berbasis potensi lokal dengan model sains teknologi masyarakat untuk siswa kelas V sekolah dasar di kabupaten kudus; (3) menganalisis kevalidan bahan ajar IPA berbasis potensi lokal dengan model sains teknologi masyarakat untuk siswa kelas V sekolah dasar di kabupaten kudus; dan (4) menemukan keefektifan bahan ajar IPA berbasis potensi lokal dengan model sains teknologi masyarakat untuk siswa kelas V sekolah dasar di kabupaten kudus. Bahan ajar berbasis potensi lokal adalah bahan ajar yang memanfaatkan kekayaan alam di lingkungan sekitar siswa. Model sains teknologi masyarakat adalah model pembelajaran yang mengaitkan langsung dengan masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat yang dapat digali oleh siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D).Bahan Ajar IPA ini divalidasi oleh ahli dari bidang IPA dan Bahasa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPA berbasis potensi lokal dengan model sains teknologi masyarakat dibutuhkan untuk siswa kelas V sekolah dasar di Kabupaten Kudus. Bahan ajar IPA ini didesain sesuai dengan kebutuhan, kurikulum yang berlaku, dan karakteristik siswa. Bahan ajar IPA ini telah di validasi oleh validator dengan perolehan rata-rata skor 65,3 kategori “sangatnbaik” sehingga dapat digunakan saat pembelajaran. Setelah divalidasi, peneliti melakukan ujicoba terhadap bahan ajar yang dikembangkan dengan memberikan soal pretest dan posttest. Hasil uji-t pretest memperoleh nilai sig. 0,001 dan posttest memperoleh 0,002. Karena nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan N-gain didapatkan bahwa kelas kontrol mengalami penurunan yaitu 67%, sedangkan kelas eksperimen mayoritas mengalami peningkatan tinggi yaiu 62%. Sisanya mengalami peningkatan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa bahan ajar IPA berbasis potensi lokal dengan model sains teknologi masyarakat layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar di kabupaten Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Dr. Murtono, M.Pd., (2) Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Potensi lokal, Sains Teknologi Masyarakat, Berpikir Kritis, Ekosistem
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Oct 2021 00:47
Last Modified: 22 Oct 2021 00:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15855

Actions (login required)

View Item View Item