Penerapan konseling behavioristik dengan teknik self management untuk mengatasi penyalahgunaan media sosial oleh siswa kelas vii Smp 2 gebog kudus

SAPUTRI, DYAH AYU (2021) Penerapan konseling behavioristik dengan teknik self management untuk mengatasi penyalahgunaan media sosial oleh siswa kelas vii Smp 2 gebog kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1.Untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang membuat siswa kelas VII SMP 2 Gebog bisa menyalahgunakan media sosial. 2. Untuk membantu siswa kelas VII dalam mengatasi penyalahgunaan media sosial melalui konseling behavioristik dengan teknik self managment di SMP 2 Gebog Kudus Penyalahgunaan media sosial merupakan hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Hal ini dapat di khawatirkan jika tidak di imbangi dengan pemahaman atau edukasi tentang penggunaan media sosial siswa akan rentan terpancing dengan berita hoax atau melakukan cyberbullying dan penyalahgunaan lainnya. Untuk megatasi penyalahgunaan media sosial di SMP 2 Gebog Kudus maka peneliti menerapkan layanan bimbingan konseling behavioristik dengan teknik self management pada siswa kelas VII SMP 2 Gebog Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif induksi sistem bacon. Subjek yang diteliti ada 2 siswa kelas VII SMP 2 Gebog Kudus yang menyalahgunakan media sosial. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan home visit. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab penyalahgunaan media sosial ada dua faktor yakni internal dan eksternal, ada beberapa faktor yang menyebabkan BM dan RDA menyalahgunakan media sosial antara lain: kurang nya perhatian dari orang tua, pertikaian dengan teman, ingin mendapatkan perhatian dari lawan jenis, kurang percaya diri dan iseng. Hal tersebut membuat BM dan RDA berperilaku maladaptif, berkata kasar atau mengumpat, memposting hal yang berbau pornografi yang merugikan orang lain. Setelah dilakukan konseling dengan pendekatan behavioristik dan teknik self management BM dan RDA mampu menghilangkan perilaku maladaptifnya seperti mampu mengelola pikiran dan perbuatan nya, mengontrol emosi supaya tidak berkata kasar di media sosial dan menjadi percaya diri. Itu berarti konseling behavioristik dan teknik self management sangat tepat untuk mengatasi penyalahgunaan media sosial yang dialami BM dan RDA. Berdasarkan penelitian diatas, peneliti menyampaikan saran kepada:1.Bagi siswa diharapkan siswa mampu menyadari pentingnya belajar dan pentingnya memahami dampak positif dan negatif penggunaan media sosial. Karena dalam bermedia sosial ada etika dan perundang-undangan yang mengatur media sosial. 2. Kepala sekolah dapat memberikan fasilitas berupa sarana dan prasarana kepada guru bimbingan dan konseling agar pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling berjalan dengan optimal. 3. Guru BK dapat memperoleh alternatif pemecahan masalah dengan penerapan pendekatan behaviosristik dengan teknik self management untuk mengatasi permasalahan siswa di lingkungan sekolah. 4. Bagi peneliti diharapkan kedepannya dapat menerapkan pendekatan behaviostistik dengan teknik self management dengan tujuan supaya dapat mengentaskan permasalahan yang dialami peserta didik yang menyalahgunakan media sosial. Peneliti juga melatih kesabaran serta meningkatkan kemampuannya untuk memberikan layanan konseling individu. Dengan penerapan teknik dalam konseling yang sesuai dengan permasalahan yang dialami klien serta memberikan pelayanan konseling yang lebih baik dan nyaman sehingga dapat membuahkan hasil yang optimal. 5. Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai bahan pembanding atau refrensi untuk penelitian dan sebagai bahan pertimbangan untuk memperdalam penelitian dengan menggunakan penerapan konseling behavioristik teknik self management untuk mengatasi permasalahan yang sesuai dengan penerapan dan teknik yang peneliti gunakan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing (1) Drs.Masturi,MM (2) Indah Lestari,M.Pd, Kons.
Kata Kunci: Penyalahgunaan Media Sosial, Penerapan Konseling Behavioristik, Teknik Self Management.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Oct 2021 01:18
Last Modified: 22 Oct 2021 01:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15860

Actions (login required)

View Item View Item