Mengatasi kebiasaan bermain game online melalui konseling behavioristik dengan teknik self management pada siswa smp negeri 2 Gebog kudus

ZELIKA, SILVA (2021) Mengatasi kebiasaan bermain game online melalui konseling behavioristik dengan teknik self management pada siswa smp negeri 2 Gebog kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (682kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

.M. Pembimbing (2) Drs. Santoso, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab kebiasaan bermain game online pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gebog Kudus. 2) Membantu mengatasi kebiasaan bermain game online melalui konseling behavioristik dengan teknik Self Management pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gebog Kudus. Kebiasaan bermain game online merupakan kesenangan bermain game online karena memberi rasa kepuasan tersendiri, sehingga ada perasaan untuk mengulangi kegiatan yang menyenangkan ketika bermain game online. Untuk mengatasi kebiasaan bermain game online peneliti menggunakan konseling behavioristik dengan teknik Self Management. Konseling Behavioristik merupakan perubahan perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dinilai secara konkret. Sedangkan teknik Self Management adalah sebuah teknik dalam konseling behavior yang menekankan pada kemauan dan kemampuan konseli atau klien untuk mengubah dan mengatur tingkah lakunya sendiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan metode penelitian kualitatif. subyek yang digunakan adalah siswa di SMP Negeri 2 Gebog Kudus yang mempunyai kebiasaan bermain game online sebanyak 2 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan home visit secara mendalam agar mendapatkan data yang lebih akurat dalam menangani permasalahan kebiasaan bermain game online. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konseli MHAR dan CNKA mengalami perubahan yang sangat baik. Melihat perubahan yang konseli tunjukkan maka dapat dikatakan proses konseling behavioristik teknik Self Management yang peneliti dan kedua konseli lakukan dikatakan berhasil, karena kedua konseli sudah mampu mengatasi permasalahannya sendiri yaitu tidak bermain game online dan mampu mengelola dirinya sendiri dengan harapan tidak mengulangi lagi perilaku yang tidak diinginkan. Peneliti menyampaikan saran kepada 1. Konseli mampu berperilaku yang positif dan mampu mengelola dirinya sendiri dengan harapan tidak mengulangi lagi perilaku yang tidak diinginkan. 2. Guru BK dapat memperoleh alternative dari pemecahan masalah kebiasaan bermain game online dengan penerapan pendekatan behavioristik dengan teknik self managemenet. 3. Peneliti dapat melatih kesabaran dan meningkatkan kemampuannya. 4. Kepala sekolah dapat menentukan kebijakan di dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Drs. Masturi, M.M. Pembimbing (2) Drs. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: Game Online, Behavioristik, Self Manage
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Oct 2021 01:22
Last Modified: 22 Oct 2021 01:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15861

Actions (login required)

View Item View Item