Mengatasi kejenuhan pembelajaran daring melalui konseling rational emotif Therapy pada siswa smk Negeri 3 pati

ARDIYANTI, STEFFANI FABELA (2021) Mengatasi kejenuhan pembelajaran daring melalui konseling rational emotif Therapy pada siswa smk Negeri 3 pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan faktor penyebab kejenuhan pembelajaran daring pada siswa kelas XI Jasa Boga 4 tahun pelajaran 2020/2021. 2) Membantu mengatasi kejenuhan pembelajaran daring pada kelas XI Jasa Boga 4 SMK Negeri 3 Pati Tahun Pembelajaran 2020/2021 melalui konseling Rational Emotif Therapy. Kejenuhan pembelajaran daring merupakan kondisi dimana pikiran merasakan kebosanan yang amat sangat akibat terus-menerus melakukan aktifitas secara sadar untuk memperoleh perubahan tingkah laku, sikap, ketrampilan, dan pengetahuan secara sadar dan bertahap sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya melalui/dengan terhubung dalam jaringan computer, internet, dan lain sebagainya. Kejenuhan pembelajaran daring tersebut ditandai dengan siswa tidak mengerjakan tugas rumah, siswa telat mengisi daftar hadir, dan siswa tidak mampu mengikuti pembelajaran daring secara maksimal. Untuk membantu siswa yang mengalami kejenuhan pembelajaran daring, peneliti berupaya menggunakan pendekatan konseling Rational Emotif Therapy. Konseling Rational Emotif Therapy merupakan pendekatan yang berlandaskan asumsi bahwa manusia dilahirkan dengan potensi, baik untuk berpikir rasional dan jujur maupun berpikir irasional dan jahat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang telah dirancang dalam bentuk studi kasus. Subjek yang diteliti yaitu WAK dan NKN siswa yang mengalami kejenuhan dalam pembelajaran daring di SMK Negeri 3 Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan peneliti ialah wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga konselor bisa memperoleh data yang akurat penyebab siswa mengalami kejenuhan pembelajaran daring. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah konseli diberikan Konseling Rational Emotif Therapy konselor dapat mengetahui penyebabnya. Konseli yang mengalami kejenuhan pembelajaran daring karena menunda-nunda tugas dan berpikir bahwa percuma mengerjakan tugas kalau tidak bisa memahami materinya sehingga membuat konseli tertinggal banyak materi pelajaran dan berdampak buruk terhadap nilai siswa. Untuk membantu konseli dalam kejenuhan pembelajaran daring maka konselor menerapkan konseling Rational Emotif Therapy. Yang diharapkan dapat tidak melakukan penundaan dalam mengerjakan tugas, dan berpikir secara logis yaitu berpikir lebih baik mengerjakan tugas supaya tugasnya tidak menumpuk dan siswa tidak lagi tertinggal banyak materi pembelajaran. Saran 1) Kepada siswa, siswa diharapkan mampu mengikuti pebelajaran secara daring dan siswa tidak lagi menunda-nunda tugas serta siswa dapat menerapkan hasil konseling untuk menjadikan sebuah kebiasaan. 2) Kepala Sekolah, memfasilitasi konselor dalam semua layanan Bimbingan dan Konseling. 3) Guru BK, dapat menggunakan hasil pertemuan dengan peneliti untuk lebih memperhatikan konseli dan mengenali permasalahan-permasalahan siswa di SMK Negeri 3 Pati. 4) Wali Kelas, dapat bekerjasama dengan Guru BK untuk dapat mengatasi masalah yang dialami siswa di lingkungan sekolah. 5) Peneliti, melatih kesabaran dan kemampuannya untuk memberikan layanan konseling individu agar mampu mengatasi permasalahan yang dialami oleh peserta didik dengan penerapan konseling yang sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh masing-masing peserta didik, serta dapat memberikan layanan konseling yang lebih baik sehingga dapat memberikan hasil yang optimal kepada siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (i) Edris Zamroni, S.Pd.,M.Pd. (ii) Drs. Masturi, MM.
Kata Kunci: Konseling Rational Emotif Therapy, Kejenuhan Pembelajaran Daring.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Oct 2021 01:34
Last Modified: 22 Oct 2021 01:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15863

Actions (login required)

View Item View Item