Meningkatkan kedisiplinan belajar siswa melalui konseling behavioristik dengan teknik shaping

RAHAYU, ELINA SEPTI (2021) Meningkatkan kedisiplinan belajar siswa melalui konseling behavioristik dengan teknik shaping. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Kedisiplinan belajar seorang siswa harus diterapkan di lingkungan sekolah, di mana siswa harus mematuhi peraturan yang diterapkan di sekolah dengan tujuan untuk membiasakan diri siswa agar dapat mengkondisikan perilaku dan memunculkan pribadi yang disiplin. Namun, kenyataannya di MTs Sabilul Ulum Mayong masih ada siswa yang memiliki kedisiplinan belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kedisiplinan belajar siswa MTs Sabilul Ulum Mayong. 2. Membantu siswa meningkatkan kedisiplinan belajar melalui konseling behavioristik dengan teknik shaping. Teknik shaping merupakan teknik yang digunakan untuk membentuk perilaku individu yang semula belum muncul yang dilakukan secara bertahap dan sistematis. Pembentukan perilaku dilakukan dengan memberikan penguatan (reinforcement) setiap kali perilaku yang diinginkan muncul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Sabilul Ulum Mayong yang memiliki kedisiplinan belajar yang rendah, di antaranya terlambat masuk sekolah, tidak mengerjakan PR, terlambat mengumpulkan tugas, tidak memperhatikan guru saat pelajaran, dan lain-lain. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif induktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diketahui faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kedisiplinan belajar siswa MTs Sabilul Ulum Mayong, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang menjadi penyebab rendahnya kedisiplinan belajar siswa MTs Sabilul Ulum Mayong adalah kurangnya motivasi belajar, kurangnya konsentrasi belajar, kurangnya kesadaran diri akan pentingnya kedisiplinan belajar, serta kurangnya minat belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal yang menyebabkan rendahnya kedisiplinan belajar siswa MTs Sabilul Ulum Mayong adalah lingkungan tempat tinggal dan keluarga. Setelah dilakukan konseling behavioristik dengan teknik shaping sebanyak tiga kali pertemuan, dapat dilihat adanya peningkatan kedisiplinan belajar siswa MTs Sabilul Ulum Mayong setelah diberikan layanan konseling behavioristik dengan teknik shaping. Hal ini terlihat dari perilaku kedua konseli yang mulai masuk sekolah tepat waktu, mengumpulkan tugas tepat waktu, dan memperhatikan guru saat pelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar siswa MTs Sabilul Ulum Mayong dapat ditingkatkan melalui konseling behavioristik dengan teknik shaping.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Richma Hidayati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2. Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Konseling Behavioristik dengan Teknik Shaping
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Oct 2021 19:33
Last Modified: 24 Oct 2021 19:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15871

Actions (login required)

View Item View Item