The perception of the eleventh grade students of Sma nu al ma’ruf kudus towards e-learning To teach speaking skill

INGGRIDIENT TIRANI, AYU (2021) The perception of the eleventh grade students of Sma nu al ma’ruf kudus towards e-learning To teach speaking skill. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of hal judul]
Preview
Text (hal judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (856kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] Text (bab 6)
BAB 6.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Siswa dituntut menguasai empat keterampilan berbahasa dalam proses belajar mengajar bahasa asing di perguruan tinggi. Keterampilan tersebut meliputi mendengarkan, menulis, membaca, dan berbicara. Berbicara adalah salah satu keterampilan proaktif yang digunakan untuk berkomunikasi dengan tiga keterampilan bahasa lainnya yang penting dalam setiap tahap zaman. Di era digitalisasi ini, siswa dihadapkan pada banyak perubahan sistem dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, sejak situasi pandemi, semua sistem digunakan secara online untuk melanjutkan proses belajar mengajar, yang disebut e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan penelitian, yaitu: (1) Apa jenis aplikasi e-learning yang digunakan untuk mengajarkan keterampilan berbicara siswa? dan (2) Bagaimana persepsi siswa kelas XI SMA NU AL MA’RUF Kudus terhadap e-learning untuk mengajarkan keterampilan berbicara pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan instrumen angket terbuka dan tertutup yang diberikan kepada 40 siswa kelas XI IPS 1 dan XI MIPA 1. Hasil penelitian ini menjawab dua pertanyaan penelitian. Pertanyaan penelitian pertama menunjukkan bahwa jenis aplikasi e-learning yang digunakan untuk mengajarkan keterampilan berbicara ada tiga. Pertama, video conference, aplikasinya adalah Zoom, Google Classroom, Google Meet, dan Youtube. Kedua, alat komunikasi, yaitu aplikasi Whatsapp, Telegram, Instagram, dan Twitter. Yang ketiga adalah aplikasi e-learning, aplikasi tersebut adalah Google Translate, U-dictionary, English Conversation, dan Cake. Sementara itu, pertanyaan penelitian kedua menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas XI SMA NU AL MA'RUF Kudus terhadap e-learning untuk mengajarkan keterampilan berbicara secara umum adalah netral. Hal ini dibuktikan dengan 69,3% sebagai hasil akhir. Sebagian besar siswa beranggapan bahwa e-learning dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan membantu mereka belajar secara virtual, namun mereka menghadapi berbagai kendala internal dan eksternal selama pembelajaran melalui e-learning yang menyebabkan mereka cenderung memilih pembelajaran tatap muka. Dari hasil penelitian ini, disarankan siswa dapat meenemukan motivasi diri untuk mendorong keinginan belajar baik pembelajaran tatap muka maupun pembelajarn melalui e-learning terlebih dalam mempelajari keterampilan berbicara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Drs. Suprihadi, M.Pd pembimbing 2 :Farid Noor Romadlon, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Persepsi Siswa, E-learning, Keterampilan Berbicara
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Oct 2021 21:51
Last Modified: 24 Oct 2021 21:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15883

Actions (login required)

View Item View Item