SULISTIYONINGRUM, RETNO INDAH (2021) Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui Layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self management pada siswa kelas xi Sma n 1 jakenan. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (227kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (131kB) | Preview |
Other (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Motivasi belajar merupakan suatu perubahan tenaga difalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru bagi siswa, membangkitkan motivasi belajar dan bahkan membawa pengaruh psikologi terhadap siswa. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Jakenan Pati. Tujuan peneliti ini adalah: 1. Untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok melalui teknik self management untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Jakenan Pati, 2. Diperolehnya hasil peningkatan motivasi belajar kearah yang lebih baik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok melalui teknik self management pada siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Jakenan Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini akan dilaksanakan di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Jakenan dengan subjek penelitian sebanyak 5 siswa yang memiliki motivasi rendah dan motivasi tinggi agar terjadi dinamika kelompok. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 40 Menit. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa motivasi belajar subjek penelitian pada pra siklus diperoleh skor rata-rata 31 dengan kategori Sangat Kurang (SK). Pada pelaksanaan tindakan siklus I pertemuan pertama diperoleh skor 36 dengan kategori Sangat Kurang (SK), pertemuan kedua diperoleh skor 44 dengankategori Kurang (K), pertemuan ketiga diperoleh skor 51 dengan kategori Kurang (K). Pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh skor rata-rata 57 dengan kategori Cukup (C), pertemuan kedua diperoleh skor 68 dengan kategori Baik (Baik), pertemuan ketiga memperoleh skor 85 dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hasil skor yang diperoleh tersebut, skor motivasi belajar siswa memperoleh peningkatan sebanyak 49 Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan motivasi belajar subjek penelitian mulai dari mulai pra siklus, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Hasil penelitan aktivitas peneliti dalam melaksanakan layanan tindakan pada siklus I memperoleh skor 56 dengan kategori Cukup (C) dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 88 dengan kategori Sanga Baik (SB). Peningkatan skor yang diperoleh yaitu sebanyak 48. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok teknik self amanagement dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Disarankan kepada: 1. Siswa, dapat mengatasi permasalahan yang selama ini dialami dan mampu meminimalisir perilaku siswa terhadap motivasi belajar agar kedepanya bisa mengatasi hal tersebut dengan baik. 2. Guru BK, Diharapkan dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik self management lanjutan dengan lebih baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Agar keberhasilan belajar siswa di sekolah dapat tercapai dengan optimal. 3. Kepala Sekolah, Kepala sekolah diharapkan dapat memberikan sarana dan prasarana yang baik untuk mendukung kegiatan bimbingan dan konseling, agar guru BK dapat membantu mengembangkan potensi siswa dengan optimal. 4.Peneliti, Peneliti diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan acuan atau refrensi untuk mengembangkan dan melanjutkan penelitian layanan bimbingan kelompok teknk self management untuk meningkatkan motivasi belajar. 5. Pembaca, Pembaca dapat diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai sumber informasi dan bahan refrensi penelitian selanjutnya agar bisa lebih dikembangkan dalam materi-materi yang lainnya untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar dan mengajar di sekolah
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: (i) Indah Lestari, S.Pd., M.Pd., Kons. (ii) Drs. Masturi MM. |
Kata Kunci: | Motivasi belajar, Layanan Bimbingan Kelompok, Self Management |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Oct 2021 22:08 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 22:08 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15886 |
Actions (login required)
View Item |