LISTYANINGSIH, ERNA (2021) Korelasi penguasaan kosakata siswa terhadap kemampuan menulis puisi pada kelas v sekolah dasar setingkat di desa tempur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (478kB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (752kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (779kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (466kB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan seberapa besar hubungan penguasaan kosakata siswa terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V di Desa Tempur. Penguasaan kosakata adalah kemampuan seseorang dalam menuangkan gagasannya dengan memanfaatkan kata baik secara lisan maupun tertulis. Sedangkan kemampuan menulis puisi adalah kesanggupan seseorang dalam mengekspresikan pikiran dan perasaannya melalui kata yang indah dan bermakna secara tertulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional product moment. Dengan menggunakan populasi kelas V MI Al-Anwar Tempur, SD N 02 Tempur, dan SD N 03 Tempur. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yang berjumlah 39 siswa. Hasil dari penelitian diperoleh dari instrumen tes yaitu pilihan ganda untuk penguasaan kosakata sebanyak 20 soal dan tes kemampuan untuk menulis puisi. kemudian data diolah menggunakan SPSS statistic 21. Dari hasil perhitungan statistik pada variabel penguasaan kosakata mendapatkan rata-rata 66,79 dengan standar deviasi 16,878, sedangkan pada variabel kemampuan menulis puisi mendapatkan rata-rata 63,21 dan standar deviasi 15,832. Dari hasil analisis penelitian ditunjukkan rhitung mendapatkan 0,670 dengan N=39 pada taraf signifikan 5% mendapatkan rtabel sebesar 0,316. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa rhitung > rtabel (0,670 > 0,316). Sehingga dapat disimpulkan adanya hubungan penguasaan kosakata siswa terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V sekolah dasar di Desa Tempur.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 :Dr. Murtono, M.Pd pembimbing 2 :M. Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Menulis, Penguasaan Kosakata, Puisi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Oct 2021 22:18 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 22:18 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15888 |
Actions (login required)
View Item |