Korelasi penguasaan kosakata siswa terhadap kemampuan menulis puisi pada kelas v sekolah dasar setingkat di desa tempur

LISTYANINGSIH, ERNA (2021) Korelasi penguasaan kosakata siswa terhadap kemampuan menulis puisi pada kelas v sekolah dasar setingkat di desa tempur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of hal judul]
Preview
Text (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan seberapa besar hubungan penguasaan kosakata siswa terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V di Desa Tempur. Penguasaan kosakata adalah kemampuan seseorang dalam menuangkan gagasannya dengan memanfaatkan kata baik secara lisan maupun tertulis. Sedangkan kemampuan menulis puisi adalah kesanggupan seseorang dalam mengekspresikan pikiran dan perasaannya melalui kata yang indah dan bermakna secara tertulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional product moment. Dengan menggunakan populasi kelas V MI Al-Anwar Tempur, SD N 02 Tempur, dan SD N 03 Tempur. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yang berjumlah 39 siswa. Hasil dari penelitian diperoleh dari instrumen tes yaitu pilihan ganda untuk penguasaan kosakata sebanyak 20 soal dan tes kemampuan untuk menulis puisi. kemudian data diolah menggunakan SPSS statistic 21. Dari hasil perhitungan statistik pada variabel penguasaan kosakata mendapatkan rata-rata 66,79 dengan standar deviasi 16,878, sedangkan pada variabel kemampuan menulis puisi mendapatkan rata-rata 63,21 dan standar deviasi 15,832. Dari hasil analisis penelitian ditunjukkan rhitung mendapatkan 0,670 dengan N=39 pada taraf signifikan 5% mendapatkan rtabel sebesar 0,316. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa rhitung > rtabel (0,670 > 0,316). Sehingga dapat disimpulkan adanya hubungan penguasaan kosakata siswa terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V sekolah dasar di Desa Tempur.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 :Dr. Murtono, M.Pd pembimbing 2 :M. Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Penguasaan Kosakata, Puisi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Oct 2021 22:18
Last Modified: 24 Oct 2021 22:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15888

Actions (login required)

View Item View Item