Keefektifan model numbered heads together dan think pair share terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas iv di sekolah dasar

Aftika Putri, , Khoirisa (2021) Keefektifan model numbered heads together dan think pair share terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas iv di sekolah dasar. Master thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul]
Preview
Text (hal judul)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (659kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
Bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan 1) menganalisis pengaruh model pembelajaran numbered heads together terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di Sekolah Dasar, 2) menganalisis pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di Sekolah Dasar, 3) menemukan perbedaan tingkat efektif antara model pembelajaran numbered heads together dan think pair share terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan quasiexperiment design dengan desain nonequivalent control group design. Kelompok eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran numbered heads together, kelompok eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran think pair share dan instrumen penelitian menggunakan observasi, dan soal pre-test maupun post-test. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas,uji reabilitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata,uji pembeda, perhitungan Indeks Gain. Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh model pembelajaran numbered heads together terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di Sekolah Dasar, hal ini berdasarkan output Pair 2 pada uji paired samples test nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05, atau t-hitung 16.428 > t-tabel 1.97783 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa untuk pre-test kelas eksperimen 1 dengan post-test kelas eksperimen 1, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di Sekolah Dasar, hal ini berdasarkan output Pair 2 pada uji paired samples test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05 atau t-hitung 8.609 > t-tabel 1.68957, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa untu pre-test kelas eksperimen 2 dengan post-test kelas eksperimen 2., (3) ada perbedaan tingkat efektif antara model pembelajaran numbered heads together dan think pair share terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di Sekolah Dasar berdasarkan paired samples test dimana pengaruh model pembelajaran numbered heads together terhadap hasil belajar sebesar 26,22 dan pengaruh model pembelajaran think pair share sebesar 21.23. juga hasil uji N-Gain memperoleh nilai means hasil posttest eksperimen 1 sebesar 90.22 dan posttest eksperimen 2 sebesar 84.44. Kesimpulannya model pembelajaran numbered heads together lebih efektif dari pada model pembelajaran numbered heads together.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. Murtono, M.Pd pembimbing 2 :Dr. Slamet Utomo, M.Pd.
Kata Kunci: numbered heads together, think pair share dan hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Oct 2021 23:03
Last Modified: 24 Oct 2021 23:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15894

Actions (login required)

View Item View Item