Pengembangan media pembelajaran faktorisasi prima berbasis android di kelas iv sekolah dasar

SUWANDI, SUWANDI (2021) Pengembangan media pembelajaran faktorisasi prima berbasis android di kelas iv sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (741kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan terhadap media pembelajaran faktorisasi prima berbasis android (2) Mengembangkan bentuk media pembelajaran faktorisasi prima berbasis android (3) Mendeskripsikan efektifitas pengembangan media pembelajaran faktorisasi prima berbasis android. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas 10 langkah yang dikombinasikan dengan metode pengembangan perangkat lunak SDLC disederhanakan menjadi 6 langkah sebagai berikut: (1) penelitian dan pengumpulan data awal; (2) perencanaan produk; (3) pengembangan format produk awal; (4) uji coba awal; (5) revisi produk dan (6) uji coba lapangan;. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian 1) Siswa dan guru membutuhkan media pembelajaran yang berbasis android untuk meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa terhadap materi pelajaran matematika tentang faktorisasi prima .2) media pembelajaran yang dikembangkan adalah media pembelajaran faktorisasi prima berbasis android dengan tampilan berupa visual, gambar, suara dan video. Tampilan dalam media faktorisasi prima berbasis android adalah ikon, pembuka / layar utama, materi, penjelas, latihan dan ulangan. 3) efektifitas pengembangan media pembelajaran faktorisasi prima berbasis android dengan uji coba menunjukkan t hitung sebesar 19,544 maka 19,544 > 4,004. Nilai n gain % sebesar 56,3108 dalam tafsiran cukup efektif yang artinya pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran faktorisasi prima berbasis android cukup efektif digunakan untuk meningkatkan nilai belajar siswa kelas IV SD dengan materi faktorisasi bilangan prima.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd Pembimbing 2. Dr. Eko Darmanto, M.Cs
Kata Kunci: Learning Media, Prime Factorization, and Android
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Oct 2021 00:50
Last Modified: 28 Oct 2021 00:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15904

Actions (login required)

View Item View Item