Implementasi padat karya tunai program dana desa tahun 2018 dalam rangka penanggulangan kemiskinan

Arifin, Yusuf (2021) Implementasi padat karya tunai program dana desa tahun 2018 dalam rangka penanggulangan kemiskinan. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian dengan judul Implementasi Padat Karya Tunai Program Dana Desa Tahun 2018 Dalam Rangka Penanggulangan Kemiskinan dilatarbelakangi Amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, terutama dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa yang ditujukan bagi kesejahteraan masyarakat. Masih tingginya angka balita gizi buruk, angka pengangguran, angka kemiskinan, kesenjangan pendapatan dan migrasi dan urbanisasi, maka Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan mengeluarkan Surat Keputusan Bersama dalam penggunaan dana desa untuk pelaksanaan padat karya tunai di desa. Petunjuk teknis penggunaan dana desa Tahun 2018 dengan skema padat karya tunai di desa untuk upah tenaga kerja dalam pembangunan desa wajib dialokasikan paling sedikit 30 % (tiga puluh persen) dari biaya kegiatan pembangunan desa yang harus diakomodir dalam APBDes 2018 Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi padat karya tunai program dana desa Tahun 2018 dalam menanggulangi kemiskinan di Kecamatan Guntur Kabupaten Demak dan mengetahui bagaimana optimalisasi kebijakan padat karya tunai untuk mengurangi kemiskinan. Metode pendekatan yang digunakan penulis adalah yuridis empiris dengan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara dan studi kepustakaan dengan lokasi penelitian di Kecamatan Guntur Kabupaten Demak dan analisis data dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi padat karya tunai program dana desa tahun 2018 dapat menanggulangi kemiskinan di Kecamatan Guntur Kabupaten Demak tidak sepenuhnya dapat dilaksanakan secara optimal. Optimalisasi kebijakan padat karya tunai untuk mengurangi kemiskinan dilakukan dengan beberapa upaya yaitu : refokusing RKPDesa dan APBDesa dalam memenuhi PKT DD 30% bagi 20 (dua puluh) desa, pelatihan kader teknis desa dalam rangka pembuatan desain gambar dan RAB pembangunan fisik dan up date data yang dilaksanakan oleh para Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) untuk mengetahui tingkat kesejahteraan keluarga

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Penguji 1. Dr. Hidayatullah, S.H, M.Hum Penguji 2. Dr. Sukresno, S.H, M.Hum
Kata Kunci: kemiskinan, dana desa, padat karya tunai, APBDesa
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Layanan publik. Petugas pemerintah. Pegawai negeri sipil.
Hukum
Hukum > Hukum negara > Masyarakat,dll
Ilmu politik > Ilmu politik (umum) > Masyarakat,dll
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:04
Last Modified: 28 Oct 2021 02:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15906

Actions (login required)

View Item View Item