RASYIDAH, LAILI (2021) Korelasi tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar anak usia sekolah dasar di honggosoco rt 05/rw 05. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (808kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (195kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (184kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Hasil observasi di Rt 05/Rw 05 Honggosoco, Jekulo,Kudus tingkat pendidikan orang tua masih cukup rendah dengan minimnya perhatian kepada anak, karena orang tua kesulitan mendampingi anak ketika mengerjakan tugas dirumah sehingga motivasi belajarnya rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini: Bagaimana tingkat pendidikan orang tua, bagaimana motivasi belajar anak usia sekolah dasar, bagaimana hubungan atingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar anak usia sekolah dasar di rt 5/ Rw 5 Honggosoco Tingkat pendidikan orang tua adalah tahapan atau jenjang pendidikan yang telah dilaksankan orang tua. tingkat pendidikan dimulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Motivasi belajar adalah dorongan atau rangsangan dalam diri seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Indikator motivasi belajar yaitu : adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar dan adanya lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa dan anak usia sekolah dasar di rt 05/rw 05 Honggosoco, Jekulo Kudus. Pengumpulan data menggunaan teknik observasi, wawanacara dan dokumentasi .Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif persen dan analisis korelasi point biserial Hasil analis data tingkat pendidikan orang tua di Rt 5/Rw 5 Honggosoco berpendidikan dasar dan menengah, motivasi belajar yang dimiliki anak usia sekolah dasar menunjukan hampir keseluruhan memiliki motivasi belajar yang tinggi.Uji korelasi antara variabel tingkat pendidikan orang tua dengan variabel motivasi belajar menunjukan hasil yang signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,44 t hitung 2,9424 > t tabel 2,878 Sehingga Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan orang tua masih tergolong rendah, hampir seluruhnya memiliki motivasi yang tinggi dan memiliki hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar. Saran peneliti orang tua lebih memahami akan pentingnya pendidikan sehingga motivasi belajar anak akan tinggi
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2. Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Tingkat Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 01:28 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 01:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15907 |
Actions (login required)
View Item |