Sosiodrama berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan kemandirian anak desmigratif (kerja sama dengan desmigratif kayen pati)

LESTARI, INDAH and HIDAYATI, RICHMA (2021) Sosiodrama berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan kemandirian anak desmigratif (kerja sama dengan desmigratif kayen pati). [Experiment]

[thumbnail of Halaman judl]
Preview
Text (Halaman judl)
HALAMAN DEPAN (1).pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of Bab II]
Preview
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of Bab III]
Preview
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of Bab IV]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of Bab V]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstrak

Di Desa Kayen Pati, terdapat desa desmigratif yang merupakan salah satu desa dengan tingkat pekerjaan sebagai TKW maupun TKI sangat tinggi. Dengan bantuan dari pemerintah desa dan BNI terbentuklah Desmigratif (desa Migra Inovatif). Desmigratif tidak hanya menyasar pada warga desa supaya bisa mandiri dan memiliki usaha mandiri namun juga kepada anak-anak yang ditinggalkan oleh orang tuanya yang menjadi TKW maupun TKI. Berdasarkan hasil observasi di desa kayen, ditemui anak-anak yang ditinggalkan oleh orang tuanya memiliki permasalahan dalam sikap, perilaku, sopan santun dan berakibat pada rendahnya kemandirian anak yang ditunjukkan sikap anak yang masih tergantung dengan orang lain. ketika Metode penelitian menggunakan PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling) dengan 2 siklus dan ditiap siklus dilaksanakan 3 pertemuan. Hasil yang diperoleh adalah sosiodrama dengan teknik permainan tradisional dalam meningkatkan kemandirian delapan anak Desmigratif sebagai subjek penelitian dapat diterima. Hal tersebut terlihat setelah diberikan sosiodrama dengan teknik sosiodrama siklus I diperoleh skor penilaian kolaborator terhadap peneliti sebesar 85% masuk pada kategori (Sangat baik), dan siklus II penilaian kolaborator terhadap peneliti memperoleh skor sebesar 95% yang masuk dalam kategori (Sangat baik). Jadi, kegiatan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama yang dilakukan peneliti meningkat sebesar 10% dari siklus I ke siklus II. Terjadinya peningkatan pada kemandirian setelah diberi sosiodrama dengan permainan tradisional pada anak Desmigratif dapat diterima, berdasarkan hasil pra siklus memperoleh skor sebesar 60% masuk dalam kategori (Kurang), kemudian siklus I memperoleh skor sebanyak 75% dalam kategori (Baik), dan siklus II memperoleh persentase 78% dalam kategori (Baik). Sehingga mengalami peningkatan 25% dari tahap pra siklus, siklus I, dan siklus I.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Sosiodrama, Permainan Tradisional, Kemandirian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 May 2022 22:55
Last Modified: 12 May 2022 22:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15949

Actions (login required)

View Item View Item