Pengembangan kamus saku (bahasa indonesia- bahasa inggris/ bahasa inggris-bahasa indonesia) materi geometri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris bagi mahasiswa prodi pendidikan matematika

Utari, Aisyah Ririn Perwikasih and Purwaningrum, Jayanti Putri (2020) Pengembangan kamus saku (bahasa indonesia- bahasa inggris/ bahasa inggris-bahasa indonesia) materi geometri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris bagi mahasiswa prodi pendidikan matematika. [Experiment]

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HALAMAN DEPAN (1).pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of Bab II]
Preview
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of Bab III]
Preview
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of Bab IV]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of Bab V]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview

Abstrak

Penguasaan Bahasa Inggrismerupakan factor penentu dalam era globalisasi dan merupakan salah satu keberhasilan dalam pembelajaran di perguruantinggi. Kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muria Kudus dapat dikembangkan melalui mata kuliah Bahasa Inggris Pendidikan Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengkaji validitas kamus saku (Indonesia-Bahasa Inggris/Bahasa Inggris-Indonesia) materi geometri untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika; (2) Mengkaji respon mahasiswa terhadap kamus saku (Indonesia-Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Indonesia) materi geometri pada mata kuliah bahasa inggris pendidikan matematika; dan (3) Menganalisis efektivitas pembelajaran Bahasa Inggris Pendidikan Matematika berbantuan kamus saku (Indonesia-Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Indonesia) pada materi geometri. Penelitian ini adalah penelitian RnD yang dilaksanakan di Universitas Muria Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan kamus saku (Bahasa Indonesia- Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia) materi geometri dengan tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) menghasilkan sebuah produk kamus saku sebagai sumber belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muria Kudus; (2) Kelayakan kamus saku (Bahasa Indonesia- Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia) materi geometri berdasarkan ahli materi dan dan ahli sumber belajar adalah sangat layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar; (3) Kepraktisan kamus saku (Bahasa Indonesia- Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia) materi geometri berdasarkan analisis jawaban angket yang diberikan kepada mahasiswa adalah sangat praktis sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar; dan (4) Respon mahasiswa terhadap pengembangan kamus saku (Bahasa Indonesia Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia) materi geometri sangat positif sebab kamus dapat digunakan sebagai media pembelajaran penunjang dalam belajar matematika yang menggunakan Bahasa Inggris

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Kamus Saku, Matematika, Kemampuan Berbahasa Inggris, Geometri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:43
Last Modified: 15 Mar 2022 03:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15971

Actions (login required)

View Item View Item