Utari, Aisyah Ririn Perwikasih and Purwaningrum, Jayanti Putri (2020) Pengembangan kamus saku (bahasa indonesia- bahasa inggris/ bahasa inggris-bahasa indonesia) materi geometri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris bagi mahasiswa prodi pendidikan matematika. [Experiment]
Preview |
Text (Halaman judul)
HALAMAN DEPAN (1).pdf - Published Version Download (256kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (148kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Download (148kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Download (36kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Download (87kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (8kB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8kB) | Preview |
Abstrak
Penguasaan Bahasa Inggrismerupakan factor penentu dalam era globalisasi dan merupakan salah satu keberhasilan dalam pembelajaran di perguruantinggi. Kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muria Kudus dapat dikembangkan melalui mata kuliah Bahasa Inggris Pendidikan Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengkaji validitas kamus saku (Indonesia-Bahasa Inggris/Bahasa Inggris-Indonesia) materi geometri untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika; (2) Mengkaji respon mahasiswa terhadap kamus saku (Indonesia-Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Indonesia) materi geometri pada mata kuliah bahasa inggris pendidikan matematika; dan (3) Menganalisis efektivitas pembelajaran Bahasa Inggris Pendidikan Matematika berbantuan kamus saku (Indonesia-Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Indonesia) pada materi geometri. Penelitian ini adalah penelitian RnD yang dilaksanakan di Universitas Muria Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan kamus saku (Bahasa Indonesia- Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia) materi geometri dengan tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) menghasilkan sebuah produk kamus saku sebagai sumber belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muria Kudus; (2) Kelayakan kamus saku (Bahasa Indonesia- Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia) materi geometri berdasarkan ahli materi dan dan ahli sumber belajar adalah sangat layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar; (3) Kepraktisan kamus saku (Bahasa Indonesia- Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia) materi geometri berdasarkan analisis jawaban angket yang diberikan kepada mahasiswa adalah sangat praktis sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar; dan (4) Respon mahasiswa terhadap pengembangan kamus saku (Bahasa Indonesia Bahasa Inggris/ Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia) materi geometri sangat positif sebab kamus dapat digunakan sebagai media pembelajaran penunjang dalam belajar matematika yang menggunakan Bahasa Inggris
Item Type: | Experiment |
---|---|
Kata Kunci: | Kamus Saku, Matematika, Kemampuan Berbahasa Inggris, Geometri |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 03:43 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 03:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15971 |
Actions (login required)
View Item |