Analisis kesulitan belajar pada muatan ipa kelas v sd dalam pembelajaran daring di masa pandemi

Novitasari, Shofia (2022) Analisis kesulitan belajar pada muatan ipa kelas v sd dalam pembelajaran daring di masa pandemi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (991kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran daring pada pembelajaran muatan IPA selama pandemi serta kesulitan belajar yang dialami peserta didik selama pandemi. Manfaat penelitian ini untuk menganalisis kesulitan belajar, menambah pengalaman belajar, meningkatakn aktivitas dalam belajar, serta melatih peserta didik untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran daring saat ini. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dengan peserta didik akan tetapi akan dilakukan melalui suatu jaringan (online). Pembelajaran daring mengakibatkan kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik bahkan antar peserta didik itu sendiri. Selain itu juga pembelajaran daring akan mengurangi kualitas hasil belajar. Disisi lain pembelajaran daring juga mengakibatkan banyak kesulitan belajar contoh dalam pembelajaran tematik muatan IPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek yang di teliti adalah kesulitan belajar siswa pada tematik muatan IPA dalam pembelajaran daring, sedangkan subjek penelitian adalah guru kelas V dan 3 peserta didik kelas V dengan catatan 1 peserta didik yang memiliki kemampuan tinggi, 1 peserta didik yang memiliki kemampuan sedang, dan 1 peserta didik yang memiliki kemampuan rendah. Teknikpengumpulan data yang dilakukan peneliti meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengumpulkan sumber relevan dan kemudian dianalisis menggunakan kartu data.Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian deskripsi kualitatif yang sudah dilaksanakan di kelas V SDN Wegil Sukolilo Pati, dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 dan proses pembelajaran di kelas memanfaatkan teknologi digital yang digunakan adalah WhatsApp Group dimana terdapat kesulitan dalam belajar pada pembelajaran tematik muatan IPA dan faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal pada pembelajaran tematik muatan IPA dan Faktor Internal yang mempengaruhinya: 1) kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring, 2) kurangnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran, 3) lambatnya siswa dalam memahami materi. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhinya yaitu: 1) Siswa yang tidak memiliki fasilitas sendiri dalam menunjang proses pembelajaran yaitu hanphone, 2) pengaruh teman di masyarakat yang selalu bermain. Berdasarkanhasilpenelitiankualitatif yang sudahdilaksanakan di kelas V SDN WegilSukoliloPati, dapatdisimpulkanbahwa proses pembelajaran daring sudahsesuaidenganstandarpendidikan yang berlakudanterdapatfaktor yang menyebakansiswamengalamikesulitanbelajarpada muatan IPA yaitufaktor internal daneksternal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Deka Setiawan S. Pd, M.Pd Dosen Pembimbing 2 : Siti Masfuah S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Kesulitan Belajar IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:39
Last Modified: 18 Mar 2022 03:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15984

Actions (login required)

View Item View Item