Pengaruh Self concept terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD.

Halwa, Silvia (2022) Pengaruh Self concept terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Kurang tertanamnya Self-concept (Konsep Diri) pada diri siswa dan rendahnya hasil belajar matematika siswa mendorong peneliti untuk melakukan sebuah penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Self concept Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Self concept merupakan suatu pemahaman mengenai diri sendiri atau ide tentang diri sendiri.Pengalaman belajar dari siswa dapat dinilai dari prestasi belajarnya. Karenanya diperlukan konsep diri yang positif terhadap pelajaran sesuai dengan apa yang sebenarnya ada pada diri siswa. Dengan self concept yang positif, diharapkan siswa dapat mencapai hasil belajar maksimal. Hasil belajar diartikan sebagai penilaian meliputi aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan memantau proses, kemajuan belajar, serta perbaikan, penugasan dan evaluasi hasil dari belajar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuisoner atau angket dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SD 2 Mlati Lor. Obyek yang di teliti adalah pengaruh self concept terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika, dimana guru kelas V sebagai fasilitator dan subyek penelitian adalah Informannya siswa kelas V yang berjumlah 30 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki, 16 siswa perempuan dan 1 guru kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel self concept menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa self concept mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika. Sedangkan besarnya ttabel dicari dengan menggunakan rumus (α ; n -2) dimana “α" adalah tingkat kepercayaan (0,05) “n” adalah jumlah responden. ttabel (0,05 ; 30-2) = ttabel (0,05 ; 28), sehingga diketahui bahwa nilai ttabel adalah sebesar 1,701. adapun hipotesis yang ditunjukkan adalah diterima Ha jika nilai thitung > ttabel atau nilai signifikansi < 0,05. Hasil perhitungan dengan SPSS 16,00 diperoleh nilai thitung 2,237 sedangkan nilai ttabel 1,701. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Ada Pengaruh Self concept (X) terhadap Hasil Belajar Matematika (Y). Berdasarkan hasil penelitian deskripsi kuantitatif yang sudah dilaksanakan di Kelas V SD 2 Mlati Lor, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara self concept terhadapt hasil belajar matematika di kelas V SD 2 Mlati Lor. Dengan adanya hal ini diharapkan dalam kegiatan pembelajaran dapat lebih memperhatikan tingkat selfconcept siswa dimana ikut mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Henry Suryo Bintoro, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Himmatul Ulya, M.Pd.
Kata Kunci: Self concept, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Mar 2022 01:28
Last Modified: 19 Mar 2022 01:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15986

Actions (login required)

View Item View Item