Anggraeni, Hesti Wahyu (2022) Analisis aspek kecerdasan emosional siswa kelas iv sdn sambung dalam pembelajaran pasca pandemi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (597kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (187kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (253kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Pembelajaran daring merupakan sebuah proses pembelajaran yang dapat dilakukan kapanpun dan dimana pun dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi sebagai media pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran handphone, siswa menjadi semakin sering berpeganga nhandphone daripada buku.Hal itu tentu menjadi kebiasaan baru siswa, yaitu belajar dengan berbantuan handphone. Dengan begitu banyak perubahan yang terjadi dalam diri siswa, terutama kecerdasan emosional. Pembelajaran daring merupakan suatu inovasi elemen pendidikan untuk mengatasi proses pembelajaran di saat pandemic dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Pada umumnya, anak usia sekolah dasar memiliki karakteristik yang cenderunglebihsukabermain, bergerak, sukabekerjasecarakelompokdansukamelakukanpercobaan. Olehkarenaitu, disamping orang tuaharusmengawasianakdalambelajar, orang tuajugaperlumemberikanpengawasandanarahanpadasikapanak. Penelitianinimerupakanjenispenelitiankualitatifdeskriptifdenganpendekatanstudikasus yang dilaksanakan di DesaSambungKecamatan Gajah KabupatenDemak.Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimeliputiobservasi, wawancara, dokumentasi, danpencatatan.Respondendalampenelitianiniadalahtigasiswalaki-laki, tigasiswaperempuan, orang tuasiswa, dan guru kelas. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa 1) gambaranpembelajaran di SD N Sambungpada Semester 1 dilakukansecaradaringdanpada semester 2 awaldilakukansecaraluring. 2) PolaKecerdasanEmosionaldalamPembelajaran Daring dalampenelitianmendapatkan lima pola, yaitukemampuanmengenaliemosidiri, kemampuanmengelolaemosidiri, kemampuanmemotivasidiri, kemampuanmengenaliemosi orang lain, dankemampuanmembinahubungan. Adanyapenelitianinihendaknya guru lebihmemperhatikandalam proses kegiatanbelajarmengajar di sekolah. Orang tuajugahendaknyaselalumengawasidanmemperhatikan proses belajaranak di rumah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DosenPembimbing (1) Drs. Masturi, M.M. DosenPembimbing (2) Much. ArsyadFardani, M.Pd |
Kata Kunci: | Pembelajaran daring, kecerdasan emosional. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Mar 2022 02:07 |
Last Modified: | 19 Mar 2022 02:07 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15989 |
Actions (login required)
View Item |