Analisis aspek kecerdasan emosional siswa kelas iv sdn sambung dalam pembelajaran pasca pandemi.

Anggraeni, Hesti Wahyu (2022) Analisis aspek kecerdasan emosional siswa kelas iv sdn sambung dalam pembelajaran pasca pandemi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran daring merupakan sebuah proses pembelajaran yang dapat dilakukan kapanpun dan dimana pun dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi sebagai media pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran handphone, siswa menjadi semakin sering berpeganga nhandphone daripada buku.Hal itu tentu menjadi kebiasaan baru siswa, yaitu belajar dengan berbantuan handphone. Dengan begitu banyak perubahan yang terjadi dalam diri siswa, terutama kecerdasan emosional. Pembelajaran daring merupakan suatu inovasi elemen pendidikan untuk mengatasi proses pembelajaran di saat pandemic dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Pada umumnya, anak usia sekolah dasar memiliki karakteristik yang cenderunglebihsukabermain, bergerak, sukabekerjasecarakelompokdansukamelakukanpercobaan. Olehkarenaitu, disamping orang tuaharusmengawasianakdalambelajar, orang tuajugaperlumemberikanpengawasandanarahanpadasikapanak. Penelitianinimerupakanjenispenelitiankualitatifdeskriptifdenganpendekatanstudikasus yang dilaksanakan di DesaSambungKecamatan Gajah KabupatenDemak.Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimeliputiobservasi, wawancara, dokumentasi, danpencatatan.Respondendalampenelitianiniadalahtigasiswalaki-laki, tigasiswaperempuan, orang tuasiswa, dan guru kelas. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa 1) gambaranpembelajaran di SD N Sambungpada Semester 1 dilakukansecaradaringdanpada semester 2 awaldilakukansecaraluring. 2) PolaKecerdasanEmosionaldalamPembelajaran Daring dalampenelitianmendapatkan lima pola, yaitukemampuanmengenaliemosidiri, kemampuanmengelolaemosidiri, kemampuanmemotivasidiri, kemampuanmengenaliemosi orang lain, dankemampuanmembinahubungan. Adanyapenelitianinihendaknya guru lebihmemperhatikandalam proses kegiatanbelajarmengajar di sekolah. Orang tuajugahendaknyaselalumengawasidanmemperhatikan proses belajaranak di rumah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DosenPembimbing (1) Drs. Masturi, M.M. DosenPembimbing (2) Much. ArsyadFardani, M.Pd
Kata Kunci: Pembelajaran daring, kecerdasan emosional.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:07
Last Modified: 19 Mar 2022 02:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15989

Actions (login required)

View Item View Item