Eksperimentasi Model Take and give Berbantuan Media Flashcard Kearifan Lokal Jepara Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD IT Al-Hikmah Mayong

Anggraini, Annisa Putri (2022) Eksperimentasi Model Take and give Berbantuan Media Flashcard Kearifan Lokal Jepara Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD IT Al-Hikmah Mayong. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (754kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (944kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model take and give berbantuan media flashcard kearifan lokal Jepara. Menganalisis terdapat peningkatan dan besar peningkatan setelah menggunakan model take and give berbantuan media flashcard kearifan lokal Jepara. Model take and give adalah model pembelajaran yang menarik bagi proses pembelajaran sehingga menghasilkan suasana yang aktif serta mendukung dalam kegiatan pembelajaran. Media flashcard kearifan lokal Jepara merupakan media pengembangan dari flashcard yang dipadukan dengan permainan tradisional. Flashcard berisi teks, gambar atau simbol, dan uraian yang mengacu hanya pada satu muatan pelajaran atau dua muatan pelajaran. Hasil belajar siswa adalah hasil akhir setelah melakukan kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian menggunakan 31 siswa kelas IV SD IT Al-Hikmah Mayong dengan menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes, teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji Z dan N-Gain. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil studi pendahuluan pada 31 siswa terdapat 12,9% siswa yang dapat menyelesaikan ketuntasan hasil belajar siswa dengan nilai KKM 75. Setelah dilakukan perlakuan terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model take and give berbantuan media flashcard kearifan lokal Jepara yang dianalisis menggunakan pengujian uji Z yang mendapathan hasil Zhitung 0,247 < Ztabel 1,96, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang meningkat didukung oleh hasil analisis N-gain sebesar 0,5684 dalam kategori sedang dengan besar peningkatan sebesar 19,4% dalam kategori tinggi dengan jumlah 6 siswa, 77,4% dalam kategori sedang dengan jumlah 24 siswa dan 3,2% dalam kategori rendah dengan jumlah 1 siswa. Kesimpulannya model pembelajaran take and give berbantuan media flashcard kearifan lokal Jepara dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran untuk guru harus menggunakan model dan media yang menarik dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Ika Oktavianti, M.Pd., Dosen Pembimbing (2) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A.
Kata Kunci: Take and give , Flashcard, Kearifan Lokal, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:59
Last Modified: 19 Mar 2022 02:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15997

Actions (login required)

View Item View Item