Pengembangan Media Perdutansi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Permatasary, Putri Yourdamarta Adinda Meychilla. (2022) Pengembangan Media Perdutansi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (727kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis desain dan menguji validitas Media Perdutansi (Permainan Edukasi Metamorfosis dan Puisi) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV sekolah dasar. Media Perdutansi merupakan media pembelajaran berupa permainan edukasi berbasis aplikasi android yang dapat memudahkan siswa dalam mempelajari serta memahami konsep terkait materi metmorfosis pada muatan pelajaran IPA dan materi puisi pada muatan Bahasa Indonesia. Permainan edukasi adalah gabungan dari konten edukasi, prinsip pembelajaran, dan game komputer yang didesain untuk memancing minat belajar siswa sambil bermain dan bersenang-senang sehingga siswa tertarik, komunikatif, interaktif dan tidak merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga, siswa dapat lebih mudah untuk berkonsentrasi dan memahami pembelajaran yang disampaikan yang secara tidak langsung dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV di SD 2 Gulang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Media Perdutansi, sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif terdiri atas proses pengembangan media perdutansi, sedangkan analisis kuantitatif terdiri atas hasil validasi. Hasil penelitian dan pengembangan desain Media Perdutansi adalah aplikasi android dalam bentuk apk. Hasil validitas menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 78% dengan kategori baik, sedangkan oleh ahli media sebesar 82% kategori sangat baik. Angket respon siswa terhadap Media Perdutansi memperoleh hasil 92%, sedangkan angket respon guru memperoleh persentase sebesar 100% yang menunjukkan bahwa Media Perdutansi sangat baik dan layak digunakan. Selain itu, dibuktikan juga pada hasil evaluasi setelah penggunaan Media Perdutansi mencapai skor ≥86 dengan rata-rata nilai 95 yang artinya siswa mengalami peningkatan pemahaman konsep. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Media Perdutansi sangat baik dan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Terdapat saran yang dikemukakan yaitu guru kelas perlu memperhatikan media pembelajaran yang digunakan agar pemahaman konsep siswa meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing (2) Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Perdutansi, Permainan Edukasi, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Mar 2022 03:20
Last Modified: 19 Mar 2022 03:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15999

Actions (login required)

View Item View Item