Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Pada Materi Pecahan Dengan Berbantuan Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah.

Khurriyati, Asri Laily (2021) Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Pada Materi Pecahan Dengan Berbantuan Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, kurangnya keterampilan mengajar guru, dan kurangnya aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran. Maka perlu dilakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas III SD 5 Cendono, meningkatkan keterampilan mengajar guru, serta meningkatkan aktivitas siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media PACAPI. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran dengan memberikan suatu permasalah nyata sebagai konteks untuk siswa belajar berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan. Media PACAPI merupakan alat bantu siswa yang dapat digunakan dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan sehingga melibatkan siswa secara langsung. Materi Pecahan yaitu sebuah bilangan yang memiliki pembilang dan penyebut. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas III SD 5 Cendono Dawe Kudus yang terdiri dari 15 siswa, laki-laki 9 siswa dan perempuan 6 siswa. penelitian ini berlangsung selama II siklus, 2 pertemuan dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan variabel terikatnya yaitu model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media PACAPI. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analiasis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa melalui model Problem Based Learing berbantuan media PACAPI dapat meningkatkan hasil belajar kelas III SD 5 Cendono. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan presentase klasikal hasil siklus 1 sebesar 67% (baik) dan siklus II sebesar 80% (sangat baik), (2) presentase keterampilan mengajar guru mengalami peningkat hasil siklus I sebesar 76% (cukup) dan pada siklus II sebesar 82,5% ( baik) , (3) Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dengan presentase pada siklus I sebesar 47,2% (kurang) dan pada siklus II sebesar 75,5 (cukup).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Diana Ermawati, M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Lovika Ardana Riswari, M.Pd.
Kata Kunci: Problem based learning, Media PACAPI, Kemampuan Pemacahan Masalah.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Mar 2022 03:31
Last Modified: 19 Mar 2022 03:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16000

Actions (login required)

View Item View Item