Pengembangan EMPING (E-Modul Berbasis Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Saidah, Nailis (2022) Pengembangan EMPING (E-Modul Berbasis Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (763kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis desain media EMPING (E-Modul berbasis Mind Mapping) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VI sekolah dasar dan menguji validitas media EMPING (E-Modul berbasis Mind Mapping) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VI sekolah dasar. EMPING merupakan e-modul berbasis mind mapping dengan isi materi mengenai perkembangbiakan hewan dan ide pokok pada teks laporan. E-modul merupakan bahan atau alat ajar berupa modul yang dirancang menggunakan software berisi materi ajar serta dapat dibaca pada komputer atau alat pembaca buku elektronik. Pembelajaran dengan menggunakan Mind Mapping dimaksudkan agar siswa mudah dalam penguasaan materi, dengan menyusun sendiri peta pikiran, siswa akan lebih memahami keterkaitan antar konsep. Pemahaman konsep adalah kemampuan siswa dalam menerima materi yang diberikan dan dapat mengungkapkan kembali dalam bentuk yang mudah dipahami. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang terdiri dari tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji pemakaian (skala terbatas), dan revisi produk. Penelitian dilaksanakan untuk siswa kelas VI SDN 01 Dorang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah EMPING, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep siswa. Adapun uji coba dilakukan hingga uji pemakaian (skala terbatas). Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif (One Sample T-Test). Hasil penelitian dan pengembangan desain EMPING adalah aplikasi android dalam bentuk apk. Hasil validitas menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 80,54% dengan kategori baik. Persentase yang dicapai oleh ahli media diperoleh rata-rata persentase sebesar 83,09% dengan kategori sangat baik. Angket respon siswa terhadap media EMPING diperoleh hasil secara keseluruhan dengan nilai rata-rata sebesar 96,18% yang menunjukkan bahwa media EMPING sangat baik digunakan. Hasil uji t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,041<0,05 dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, dapat diartikan bahwa rata-rata nilai hasil tes pemahaman konsep siswa kelas VI SDN 01 Dorang adalah ≥ 75. Simpulan dari penelitian ini adalah media EMPING (e-modul berbasis mind mapping) baik atau layak digunakan untuk pembelajaran. Saran dalam penelitian adalah media EMPING dapat dijadikan sebagai sumber belajar secara mandiri di rumah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing (2) Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: E-Modul, Mind Mapping, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Mar 2022 04:07
Last Modified: 19 Mar 2022 04:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16003

Actions (login required)

View Item View Item