Persepsi Anak Usia 12 Tahun Terhadap Flm Animasi Nussa Dan Rara Episode Libur Jangan Lalai di Desa Klecoregonang Kecamatan Wnong Kabupaten Pati.

Jannah, Amiliya Nurul (2022) Persepsi Anak Usia 12 Tahun Terhadap Flm Animasi Nussa Dan Rara Episode Libur Jangan Lalai di Desa Klecoregonang Kecamatan Wnong Kabupaten Pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (984kB) | Request a copy

Abstrak

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat dapat menghadirkan berbagai media yang digunakan menyampaikan pesan. Salah satu media yang paling popular adalah film. Menonton film sudah menjadi kebiasaan individu, termasuk anak-anak. Melalui tayangan yang ditonton dapat mempengaruhi penontonnya. Tentu saja bukan sembarang film. Film yang bagus ditonton yaitu film yang memuat pesan moral, nilai-nilai yang dapat mendidik. Salah satu jenis film animasi yang memiliki pesan moral positif yaitu pada film animasi Nussa dan Rara. Film animasi ini menceritakan kehidupan sehari-hari kakak beradik yaitu Nussa dan Rara. Film ini menceritakan kegiatan harian pada dunia anak-anak dengan penyampaian bahasa yang mudah dipahami oleh anak. Tidak hanya sebagai sebuah hiburan namun juga terdapat nilai edukasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Desa Klecoregonang, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati. Informan dalam penelitian ini yaitu anak usia 12 tahun sebanyak 6 anak. Pengumpulan data dilakukan pada bulan September 2021. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan. Dari penelitian ini anak usia 12 tahun memberikan persepsinya dari episode libur jangan lalai yang telah dilihat. Proses persepsi melalui penerimaan rangsang atau objek, pemahaman dan penilaian. Dalam proses penerimaan objek anak dapat menyebutkan tokoh yang terdapat pada film. Dalam pemahaman anak dapat mendeskripsikan persepsinya mengenai isi film, pengambaran fisik tokoh, watak tokoh. Selanjutnya anak memberikan penilaian terhadap film yang telah dilihat. Anak menyukai film animasi Nussa dan Rara dan memberikan penilaian yang positif terhadap film ini Pada film Nussa dan Rara terdapat nilai karakter yang dapat digunakan sebagai media dalam proses sosialisasi. Hasil persepsi ini menunjukkan bahwa anak dalam memberikan persepsi terdapat persamaan dan perbedaan. Ada dua faktor yang dapat mempengaruhi seseorang dalam memberikan persepsi yaitu factor internal dan eksternal. Penelitian ini hendaknya anak dan orang tua lebih selektif dalam memilih tayangan film baik di televisi maupun di youtube. Saat menonton sebuah film, sebaiknya kita tidak pasif menerima apa saja yang disuguhkan di film dan bersikap lebih kritis dan menilai pesan yang sebenarnya yang ingin disampaikan film tersebut.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A. Dosen Pembimbing (2) Deka Setiawan, M.Pd.
Kata Kunci: Persepsi, Film animasi Nussa dan Rara, Faktor yang mempengaruhi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Mar 2022 04:17
Last Modified: 19 Mar 2022 04:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16004

Actions (login required)

View Item View Item