Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin Pada Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok

Hidayatullah, Romadhoni Shiddiqi (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin Pada Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (609kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran matematika merupakan suatu permasalahan kemampuan berpikir dalam menyelesaikan soal matematika yang dimiliki oleh masing-masing siswa, baik laki-laki maupun perempuan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis antara siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas V SDN 1 Jebol dalam menyelesaikan soal matematika. Penyelesaian soal matematika yang baik merupakan bentuk kemampuan siswa dapat berpikir secara kritis. Berpikir kritis merupakan suatu bentuk berpikir yang digunakan dalam rangka menyelesaikan masalah. Analisis keterampilan berpikir kritis dalam penelitian ini menggunakan kriteria dari Ennis yang terdiri dari Reason, Inference, Situation, dan Overview. Proses penyelesaian soal matematika antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan memiliki ketercapaian kemampuan berpikir kritis yang berbeda. Perbedaan jenis kelamin laki-laki dan perempuan memiliki pengaruh dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Jebol Jepara dengan jumlah populasi sekaligus sebagai sampel yaitu 16 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini kemampuan berpikir kritis (X) dan variabel terikatnya (Y) adalah jenis kelamin siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah berupa tes uraian matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa persentase data tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis tertinggi di kelas V SDN 1 Jebol dikuasai oleh siswa laki-laki. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siswa laki-laki yaitu 61,77 sedangkan nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siswa perempuan yaitu 45,85. Serta hasil presentase nilai tes kemampuan berpikir kritis siswa laki-laki juga lebih unggul yaiu 61,5%, sedangkan hasil presentase nilai tes kemampuan berpikir kritis siswa perempuan yaitu 38,5%. Penelitian ini hendaknya guru lebih sering memberikan permasalahan yang kompleks atau soal-soal yang menuntut siswa untuk berpikir kritis, guru juga harus dapat menyusun sebuah model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, serta lebih memperhatikan dan bersikap sesuai dengan perbedaan jenis kelamin siswa yang memiliki perbedaan dalam berpikir.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Perbedaan Jenis Kelamin.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Mar 2022 04:45
Last Modified: 19 Mar 2022 04:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16005

Actions (login required)

View Item View Item