Analisis Nilai Pendidikan Sosial yang Terkandung dalam Film Kartun Upin dan Ipin Musim 13: Pesta Cahaya

Kholilia, Wilda (2022) Analisis Nilai Pendidikan Sosial yang Terkandung dalam Film Kartun Upin dan Ipin Musim 13: Pesta Cahaya. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Upin & Ipin “Musim 13: Pesta Cahaya” adalah sebuah film kartun yang memiliki nilai pendidikan dan nilai sosial yang sangat erat dengan kehidupan sehari-hari. Film ini dikemas dengan cerita yang ringan dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alur, unsur-unsur pendidikan dan unsur-unsur nilai sosial yang terkandung dalam film kartun dalam film kartun Upin & Ipin “Musim 13: Pesta Cahaya". Pendidikan merupakan sistem terbuka yang memungkinkan fleksibilitas pilihan dan waktu penyelesaian program secara lintas satuan dan jalur pendidikan. Nilai sosial adalah nilai dasar yang menciptakan dan mengatur interaksi manusia antara individu dengan kelompok. Adapun unsur pendidikan dalam penelitian ini yaitu peserta didik, pendidik, interaksi antara peserta didik dengan pendidik, dan tempat pendidikan berlangsung. Sedangkan nilai sosial dalam film ini diantaranya: bekerja sama, suka menolong, kasih sayang, hidup bersama, suka memberi nasehat dan peduli terhadap orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan Jenis penelitian analisis wacana. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analasis wacana model Teun A. Van Dijk dengan beberapa elemen tematik untuk yaitu topik, alur, latar, dan detail. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alur pada bagian pertama menggunakan alur mundur dan bagian selanjutnya menggunakan alur maju. Unsur pendidikan diantaranya anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, adanya pengajaran moral dan sopan santun melalui nasehat-nasehat pada komunikasi serta lingkungan masyarakat sebagai pengawas dalam berlangsungnya pembelajaran. Sedangkan nilai sosial diantaranya tokoh memiliki nilai kerja sama, kasih sayang dan sikap peduli yang tinggi terhadap tokoh yang minoritas. Penelitian ini hendaknya anak dapat menjadikan film Upin dan Ipin “Musim 13: Pesta Cahaya” sebagai acuan dalam bersikap pada kehidupan sehari-hari supaya dapat tumbuh menjadi anak yang berkarakter. Orang tua dapat menjadikan film kartun Upin dan Ipin sebagai serial film kartun pilihan untuk anak karena mengandung banyak nilai positif yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan guru dapat menjadikan film kartun sebagai sumber belajar dan mengambil nilai-nilai sosial yang akan ditanamkan pada siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing (2) F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Film Upin & Ipin; Unsur Pendidikan; Nilai Sosial.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Mar 2022 04:57
Last Modified: 19 Mar 2022 04:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16006

Actions (login required)

View Item View Item