UPAYA PEMANFAATAN WAKTU LUANG DI SEKOLAH MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH LASEM TAHUN AJARAN 2012/2013

DARISMA, YENI (2013) UPAYA PEMANFAATAN WAKTU LUANG DI SEKOLAH MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH LASEM TAHUN AJARAN 2012/2013. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (422kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (92kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang penelitian : Berdasarkan hasil wawancara dengan guru BK dan guru mata pelajaran serta hasil observasi lapangan diperoleh data-data bahwa masih ada beberapa siswa kelas X SMA Muhammadiyah Lasem yang tidak memanfaatkan waktu laung di sekolah dengan baik. Usaha yang perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan serta mengembangkan pemikiran dan pengetahuan siswa adalah dengan mengoptimalisasikan pemanfaatan waktu di sekolah melalui layanan bimbingan kelompok. Dengan pengisian waktu luang yang efektif dapat memberikan berbagai manfaat bagi siswa, seperti menghilangkan ketegangan dengan melakukan kegiatan yang sifatnya produktif atau meningkatkan keterampilan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok mempunyai kontribusi terhadap upaya pemanfaatan waktu luang di sekolah pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Lasem. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mendiskripsikan penerapan layanan bimbingan kelompok dalam upaya pemanfaatan waktu luang di sekolah pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Lasem. (2) Untuk menentukan seberapa besar peningkatan pemanfaatan waktu laung di sekolah oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Lasem. Kegunaan penelitian ini adalah (1) Memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu pendidikan terutama dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam rangka meningkatkan pemanfaatan waktu luang di sekolah. (2) Memberikan masukan kepala sekolah tentang layanan bimbingan kelompok terhadap upaya pemanfaatan waktu luang di sekolah sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan untuk meningkatkan pemanfaatan waktu laung di sekolah. (3) Memberikan masukan dan informasi kepada guru kelas atau konselor tentang layanan bimbingan dan konseling sehingga dapat dijadikan untuk meningkatkan pemanfaatan waktu luang di sekolah. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah bahwa melalui layanan bimbingan kelompok siswa dapat memanfaatkan waktu luang di sekolah baik pada jam pelajaran kosong maupun jam istirahat dengan berbagai kegiatan yang positif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik atau keahlian (minat dan bakat). Penelitian iini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Lasem. Subyek penelitian ini adalah sebanyak 8 siswa SMA Muhammadiyah Lasem kelas X tahun pelajaran 2012/2013. Rancangan penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus (siklus I dan siklus II). Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil observasi awal pra siklus dari 8 siswa yang menjadi anggota bimbingan kelompok hanya 1 siswa mempunyai prosentase diatas 50% dan sisanya sebanyak 7 siswa mempunyai prosentase kurang dari 50%. Prosentase terhadap siswa pada siklus I terus mengalami peningkatan, Dimana pada pertemuan1 sebesar 47% mengalami peningkatan pada pertemuan 2 menjadi 58%, pada pertemuan 3 menjadi 63%, pada pertemuan 4 sebesar 72% dan pada pertemuan 5 sebesar 80%. Prosentase terhadap siswa pada siklus II pertemuan 1 sebesar 77%, pada pertemuan 2 sebesar 79% dan pada pertemuan 3 sebesar 84%. Pembahasan : Hasil observasi siklus I : pada pertemuan ke 1 skor 47 dengan kategori kurang. Pertemuan ke 2 menjadi 51 dengan kategori kurang. Selanjutnya pada pertemuan ke 3 skor menjadi 65 dengan kategori cukup. Pada pertemuan ke 4 perolehan skor 73 dengan kategori cukup.. Selanjutnya pada pertemuan ke 5 skor 85 dengan kategori baik. Rata-rata pada siklus I ini, hasil observasi terhadap peneliti sebesar 64,2 dengan kategori cukup.. Berdasarkan hasil observasi siklu II : diketahui pada pertemuan ke 1 skor 78 dengan kategori baik. Pertemuan ke 2 skor 88 dengan kategori baik.. Selanjutnya pada pertemuan ke 3 skor menjadi 92 dengan kategori baik. Rata-rata pada siklus II ini, hasil observasi terhadap peneliti sebesar 86 dengan kategori baik. Program bimbingan kelompok dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memberikan pelayanan kepada siswa. Efektivitas layanan bimbingan kelompok ditunjukkan dengan adanya perubahan perilaku dan sikap yang signifikan pada para siswa dalam memanfaatkan waktu luang di sekolah dengan adanya peningkatan jumlah skor dari setiap siklus dan pertemuan. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis “Layanan bimbingan kelompok mempunyai kontribusi terhadap upaya pemanfaatan waktu luang di sekolah pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Lasem Tahun Pelajaran 2012/2013 diterima karena teruji kebenarannya, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan bimbingan kelompok secara signifikan mempunyai peranan terhadap upaya pemanfaatan waktu luang di sekolah. Saran : Bagi guru BK dapat mengupayakan secara lebih maksimal untuk memberikan layanan bimbingan konseling baik yang bersifat individu maupun kelompok. Memberikan layanan bimbingan konseling dengan berbagai metode yang mudah untuk diterima oleh siswa dan tidak memberikan tekanan sehingga siswa akan merasa lebih terbuka dan mudah untuk menerima setiap masukan yang berpengaruh terhadap perilaku yang lebih baik. Bagi kepala sekolah dapat menciptakan sebuah kebijakan yang baik dalam upaya memanfaatkan waktu luang di sekolah sehingga siswa akan mempunyai kegiatan yang lebih positif dan bermanfaat. Bagi orang tua diharapkan dapat ikut berperan dengan memberikan motivasi terhadap anak agar anak dapat semaksimal mungkin bisa mengikuti setiap layanan bimgingan kelompok dan memberikan motivasi untuk selalu memanfaatkan waktu luang di sekolah dengan sebaik-baiknya

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: . Pembimbing : (I) Drs. Sabar Rutoto, M.Pd, (II) Drs. Masturi, MM.
Kata Kunci: Kata Kunci : Pemanfaatan waktu luang di sekolah, Layanan Bimbingan Kelompok
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:45
Last Modified: 22 Jul 2013 04:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1601

Actions (login required)

View Item View Item