Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan di tinjau dari kemampuan matematis

FIKRI, ILHAM ALI (2022) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan di tinjau dari kemampuan matematis. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Masih banyaknya kendala saat mengerjakan soal cerita materi pecahan pada siswa dapat menyebabkan kurang maksimalnya hasil pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan di SD 5 Bae banyak ditemukan kendala dalam mengerjakan soal cerita pecahan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan apa saja kesalahan siswa saat mengerjakan soal cerita pecahan ditinjau dari kemampuan matematis mulai dari yang rendah, sedang, dan tinggi Soal cerita matematika merupakan soal yang penyampaiannya tidak langsung dalam bentuk simbol matematika melainkan dalam bentuk cerita. Pecahan dapat diartikan sebagai bagian dari suatu yang utuh dapat dilambangkan a/b, a disebut pembilang dan b penyebut. Kemampuan matematis adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas mental berpikir, menela’ah, memecahkan masalah siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika sehingga kemampuan matematis sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini telah dilaksakan pada kelas V SD 5 Bae dengan mengambil subjek siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Adapun analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan teknik analisisnya adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada 22 kesalahan. Siswa berkemampuan matematis rendah melakukan kesalahan tahap memahami masalah sebanyak 7 kesalahan, proses perhitungan 4 kesalahan, penulisan jawaban 3 kesalahan dan transformasi masalah 1 kesalahan. Setelah itu siswa berkemampuan matematis sedang yaitu pada proses perhitungan 3 kesalahan, penulisan jawaban 2 kesalahan, dan transformasi masalah 1 kesalahan. Terakhir siswa berkemampuan matematis tinggi melakukan kesalahan pada tahap transformasi soal sebanyak 1 kesalahan. Kesalahan tertinggi pada penelitian ini adalah proses memahami masalah dan proses perhitungan, yaitu sama-sama berjumlah 7 kesalahan. Sedangkan kesalahan terendah adalah transformasi masalah sebanyak 3 kesalahan. Saran dalam penelitian ini hendaknya siswa lebih aktif dan fokus dalam pembelajaran sehingga dapat memperoleh pengetahuan dengan maksimal dan meningkatkan hasil belajar. Dalam mengerjakan soal, hendaknya siswa lebih teliti dan cermat sehingga kesalahan dapat diminimalisir.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Khamdun, M.Pd 2. Himmatul Ulya, M.Pd
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Materi Pecahan, dan Kemampuan Matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:51
Last Modified: 22 Mar 2022 02:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16012

Actions (login required)

View Item View Item