Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas 3 Selama Pandemi Covid 19 di SDN 01 Ngening

Roykhan, Mohamad (2022) Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas 3 Selama Pandemi Covid 19 di SDN 01 Ngening. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hasil pendidikan kolaborasi guru dan orang tua dalam proses pembelajaran siswa kelas III selama pandemic Covid 19 di SDN 01 Ngening, dengan rumusan masalah bentuk proses pembelajaran selama pandemi Covid 19 di SDN 01 Ngening, bentuk kolaborasi guru dan orang tua pada proses pembelajaran selama pandemi Covid di SDN 01 Ngening dan dampak adanya kolaborasi guru dan orang tua kepada siswa pada proses pembelajaran selama pandemi Covid 19 di SDN 01 Ngening, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati. Penelitian ini membahas mengenai bentuk pembelajaran selama pandemi yang menggunakan pembelajaran daring, serta bentuk upaya kolaborasi yang dilakukan guru dan orang tua serta dampaknya terhadap siswa dalam pembelajaran daring yang dilakukan selama pandemi Covid, kolaborasi merupakan hubungan kerjasama yang dilakukan antar individu untuk mencapai tujuan bersama dengan saling membantu dan saling memahami peran masing-masing. Sehingga dengan adanya hal tersebut peniliti ingin memperdalam upaya kolaborasi guru dan orang tua selama pandemi Covid 19 serta dampak adanya kolabasi tersebut dalam pembelajaran daring. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Ngening, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, dengan mengambil subyek guru, orang tua siswa kelas III dan siswa kelas III sebagai subjek penelitian. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran yang dilakukan di SDN 01 Ngening pada kelas III pembelajaran selama pandemi Covid 19 menggunakan pembelajaran daring dengan pendekatan asinkronus (asynchronous) melalui media Whastsapp,Youtube sebagai sarana video pembejaran. Bentuk kolaborasi yang dijalin guru dan orang tua yaitu komunikasi melalui grup Whatsapp dan bentuk kerjasamanya ditekankan pada proses pembelajaran, guru yang bekerjasama dengan orang tua untuk mengarahkan anaknya supaya memperhatikan apa yang disampaikan guru, melalui pembelajaran daring mulai dari video pembelajaran dan media pembelajaran online lainya. Guru memberikan materi pada anak yang diterima oleh orang tua bersama anak, selanjutnya orang tua mengiplementasikan dengan pelaksanaan pembelajaran kepada anak yang dibimbing langsung oleh orang tua. Dalam kolaborasi ini membuahkan sebuah dampak bagi siswa, guru dan orang tua. Siswa lebih memahami materi serta guru terbantu akan adanya koloborasi ini. Kesimpulan dalm penelitian ini menunjukan bahwa adanya kolaborasi antara guru, orang tua, dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring dengan pendekatan asinkronus (asynchronous) mampu membantu siswa dalam belajar dirumah serta memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar dan siswa kelas III di SD SDN 01 Ngening. Akan tetapi dengan adanya kolaborasi tersebut, sangat menyita waktu orang tua dirumah yang seharusnya dimanfaatkan untuk bekerja.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (I) Drs. Sucipto, M.Pd.Kons. (II) Sekar Dwi Ardianti, M.Pd
Kata Kunci: Kolaborasi, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Mar 2022 03:26
Last Modified: 22 Mar 2022 03:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16016

Actions (login required)

View Item View Item