Analisis tanggung jawab anak dalam pembelajaran daring selama pandemi di desa blimbing kidul

Syifa, Ulya Zainus (2022) Analisis tanggung jawab anak dalam pembelajaran daring selama pandemi di desa blimbing kidul. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi bentuk tanggungjawab dan faktor yang mempengaruhi tanggungjawab dalam pembelajaran daring. Kurangnya tanggung jawab dalam belajar anak sekolah yang berada di lingkungan sekitar rumah mengakibatkan hasil belajar peserta didik menurun karena tanggung jawab belajar peserta didik yang menurun selama pembelajaran daring. Pembelajaran daring pembelajaran daring yang kita kenal adalah kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan jaringan internet dengan fleksibilitas, aksesibilitas, konektivitas, dan kapabilitas untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagaimana yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), Negara dan Tuhan. Apabila dalam penggunaan hak dan kewajiban ini bisa tertib, maka akan timbul rasa tanggung jawab. Tanggung jawab yang baik adalah apabila antara perolehan hak dan penuaian kewajiban bisa saling seimbang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naratif. Penelitian ini dilaksanakan pada anak berusia 11-12 pada jenjang Sekolah Dasar beserta orang tuanya di lingkungan sekitar rumah yaitu RT 04/02 Desa Blimbing Kidul Kaliwungu Kudus. Subjek penelitian terdiri dari 5 orang tua dan 5 anak yang berusia 11-12 pada jenjang Sekolah Dasar kelas 4 dan 5 dengan kategori jenis pekerjaan dan pendidikan terakhir orang tua. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa masih belum bertanggungjawab dikarenakan siswa masih ragu pada kemampuannya sendiri, siswa membutuhkan dukungan dari orang lain yang berlebihan dalam menyelesaikan masalah sendiri, tidak mampu belajar mandiri, siswa melaksanakan kegiatan harus atas perintah orang lain, siswa sering menyontek pekerjaan teman saat ada tugas adapun siswa yang mengerjakan atas bantuan dari guru bimbingan belajar. Faktor yang mempengruhi tanggung jawab belajar anak adalah faktor internal yaitu adanya rasa malas dari dalam diri siswa dan faktor eksternal yaitu adanya pengaruh teman sebaya, pengaruh handphone, dan pengaruh televisi. Orang tua harus lebih menyediakan waktunya untuk mendampingi anaknya dalam belajar dan kegiatan, memberikan motivasi, nasehat, dan nilai-nilai tanggung jawab kepada anak. Kesimpulan Penelitian ini hendaknya orang tua untuk membiasakan tidak selalu bergantung pada orang lain, percaya diri, dan bertanggung jawab. Apabila kebiasaan tersebut dilakukan, maka anak akan lebih bertanggung jawab dalam belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1) Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. (2) Siti Masfuah S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Tanggung Jawab Belajar Anak, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:31
Last Modified: 22 Mar 2022 04:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16019

Actions (login required)

View Item View Item