Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Online

Fathuddin Yusuf, Reza (2022) Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Online. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy

Abstrak

Pemerintah menekan laju penyebaran (Covid- 19) dengan mengeluarkan kebijakan agar seluruh warga masyarakat untuk melakukan social distancing. Salah satu dampak social distancing juga terjadi pada sistem pembelajaran di sekolah. Keadaan ini tentu saja memberikan dampak pada kualitas pembelajaran, siswa dan guru yang sebelumnya berinteraksi secara langsung dalam ruang kelas sekarang harus berinteraksi dalam ruang virtual yang terbatas.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran online di masa pandemi (Covid- 19) di kelas IV SD Negeri 3 Temulus. Serta upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar adalah upaya atau usaha untuk menggerakkan atau membangkitkan kekuatan mental seseorang untuk melakukan aktivitas agar dapat mencapai tujuan belajar. Pembelajaran online merupakan pembelajaran yang menggunakan fasilitas internet yang bersifat online sebagai instrument utamanya. Artinya, memiliki persepsi bahwa e-learning haruslah menggunakan internet yang bersifat online, yaitu fasilitas komputer yang terhubung dengan internet. Artinya pembelajar dalam mengakses materi pembelajaran tidak terbatas jarak, ruang dan waktu, bisa dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang akan dilaksanakan di Desa Temulus Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan beberapa siswa kelas IV SD Negeri 3 Temulus. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan credibility, transferbility, dependability, confirmability. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian berdasarkan hasil interview dan observasi, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran online dilakukan menggunakan whatsapp dan sudah berjalan dengan baik. faktor penyebab rendahnya motivasi belajar peserta didik adalah kondisi fisik yang sering sakit dan kurangnya perhatian keluarga terhadap peserta didik, serta kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang prsoes pembelajaran online dirumah. Upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar yang pertama adalah mengadakan pelatihan pembelajaran kreatif oleh guru supaya dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Upaya selanjutnya yang dilakukan adalah memberikan penilaian dan reward kepada peserta didik. Upaya-upaya ini dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Temulus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons. (2) Sekar Dwi Ardianti, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Analisis, Rendahnya Motivasi Belajar, Pembelajaran Online
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:28
Last Modified: 22 Mar 2022 04:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16020

Actions (login required)

View Item View Item