Analisis Proses Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V SD N 2 Karangharjo

Suprapti, Niken (2022) Analisis Proses Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V SD N 2 Karangharjo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (644kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 di kelas V SD N 2 Karangharjo. Dengan rumusan masalah (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan proses pembelajaran daring masa pandemic Covid 19 kelas V di SDN 2 Karangharjo, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 kelas V di SD N 2 Karangharjo. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dimana semua kegiatannya dalam aksesbilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk berbagai jenis pembelajaran melalui jaringan internet. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tehnik analisis data interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, tempat penelitian ini dilaksanakan di SD N 2 Karangharjo, Desa Karangharjo Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Objek yang akan diteliti adalah proses pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 kelas V di SD N 2 Karangharjo. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas V, siswa kelas V, Dan orang tua kelas V SD N 2 Karangharjo. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini didapatkan melalui dokumentasi, buku referensi, artikel, catatan penelitian, serta data pendukung laiinya. Tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Adapun data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan proses pembelajaran daring yang dilaksanakan di SD N 2 Karangharjo melalui aplikasi whatsapp dimana semua proses pembelajaran berupa penyampaian materi, tugas, dan pengumpulan tugas semuanya melalui aplikasi whatsapp dan pelaksanaan juga dilakukan secara guling (guru keliling). Upaya tersebut cukup efektif karena dalam meningkatkan kualitas belajar dengan adanya upaya tersebut siswa lebih bersemangat belajar daripada belajar mandiri di rumah, siswa dapat bertanya secara langsung mengenai materi yang kurang dipahami, dan anak dapat berinteraksi lansung antara pendidik dengan peserta didik. Semoga dengan upaya ini kualitas pembelajaran peserta didik menjadi baik. Sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang di lihat dari hasil PTS (Penilaian Tengah Semester) dan hasil PAS (Penilaian Akhir Semester).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd, (2) Muhammad Noor Ahsin., S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran, Daring, Hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:37
Last Modified: 22 Mar 2022 04:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16021

Actions (login required)

View Item View Item