Persepsi anak tentang dongeng fabel ditinjau dari keterampilan berbicara di desa karanganyar demak

KHOIRUNNISA, KHOIRUNNISA (2022) Persepsi anak tentang dongeng fabel ditinjau dari keterampilan berbicara di desa karanganyar demak. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of BaB I]
Preview
Text (BaB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Berbicara merupakan alat yang digunakan untuk berinteraksi sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang keterampilan berbicara anak dalam menceritakan cerita dongeng Kancil dan Buaya di Desa Karanganyar Rw 05 usia 8-9 tahun. Penelitian membahas tentang bagaimana tingkat keterampilan berbicara anak dalam menyampaikan apa yang diamati melalui indera yang dimiliki. Penilaian berbicara merupakan salah satu bentuk untuk mengetahui tingkat keterampilan berbicara anak. Dalam penilaian keterampilan bercerita menyangkut dua aspek yaitu aspek kerampilan dan aspek kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif studi kasus yang dilaksanakan di Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Subjek penelitian 16 anak yang terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bercerita sebagian anak di Desa Karanganyar Rw 05 masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu kurang rasa percaya diri sehingga menyebabkan anak menjadi gugup yang menyebabkan kurang lancar bercerita di depan orang lain. Penelitian ini hendaknya anak mampu menumbuhkan rasa percaya diri sehingga dapat membuat anak lebih berani dalam menyampaikan cerita di depan orang lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (I) Dr. Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd.; (II) Dr. Nur Fajrie, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Persepsi, Dongeng, Keterampilan Berbicara, Bercerita
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Mar 2022 06:28
Last Modified: 22 Mar 2022 06:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16025

Actions (login required)

View Item View Item