Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku Melalui Penerapan Model Demonstration di SD 01 Gulang Kudus.

Khusnah, Nikmatul (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku Melalui Penerapan Model Demonstration di SD 01 Gulang Kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn. Hal ini disebabkan (1) guru kurang memfasilitasi siswa untuk mencari informasi, dan gagasan sendiri, (2) guru kurang inovatif dalam menggunakan model pembelajaran maupun menggunkan media pembelajaran, (3) siswa cenderung pasif menerima materi dari guru. Peningkatan pembelajaran pada penelitian ini tentang hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia. Model pembelajaran merupakan teknik penyajian yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Model demonstrasi adalah model mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan. Hasil belajar adalah sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes mengenal sejumlah materi pelajaran tertentu yang diperoleh dari kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, dengan mengadaptasi model penelitian tindakan kelas oleh Kemmis, dan Mc. Taggart. Penelitian Tindakan Kelas ini, dilakukan melalui dua siklus. Tahapan dalam penelitian tindakan kelas ini, yakni (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini, yakni kelas IV SD 01 Gulang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus, dengan jumlah 32 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki, dan 20 siswa perempuan, dan guru kelas IV. Instrumen penilaian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini, yakni penilaian untuk hasil belajar. Pada nililai hasil belajar ketuntasan klasikal siklus I dan II mendapatkan peningkatan dari siklus I nilai skor rata-rata 71 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II dengan nilai 85,5 dengan kategori sangat baik, sehingga rata-rata dari siklus I dan siklus II diperoleh nilai 80.5 dalam kategori sangat baik dengan mengalami peningkatan sebesar 40,25%. Simpulan penggunaan metode demonstrasi melalui media puzzle pada tema 6 Cita-Citaku dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD 01 Gulang Mejobo Kudus. Siswa memahami tujuan pelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi melalui media puzzle pada tema 6 Cita-Citaku, berani mempersentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd. (2) Santoso, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Demostration, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Mar 2022 06:43
Last Modified: 22 Mar 2022 06:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16026

Actions (login required)

View Item View Item