Penanaman Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) Pada Siswa Sekolah Dasar.

Husna, Nurul Auliani (2022) Penanaman Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) Pada Siswa Sekolah Dasar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Margorejo, dengan rumusan masalah mendeskripsikan penanaman budaya 5S pada siswa Sekolah Dasar dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman budaya 5S Pada Siswa Sekolah Dasar. Budaya merupakan suatu ajaran atau kebiasaan yang dilakukan secara turun menurun, sedangkan 5S yaitu Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun. Senyum yang berarti pengungkapan perasaan senang pada seseorang, sapa yang berarti saling bertegur sapa kepada dua orang atau lebih, dan salam yang bermakna seperti sapa yaitu menegur dan menyapa namun lebih menegaskan kehormatan pada seseorang, sopan dan santun saling berkaitan yang merupakan norma etika dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan melaksanakan penelitian. Penelitian ini dilakukan di Desa Margorejo dengan subyek penelitian Orangtua Siswa dan siswa sekolah dasar, sebagai subjektif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) pada siswa Sekolah Dasar yang ada di Desa Margorejo dapat tertanam dengan adanya pembiasaan-pembiasaan baik yang diterapkan di lingkungan rumah maupun masyarakat, seperti membiasakan anak untuk berpamitan sebelum berangkat sekolah, membiasakan anak untuk menyapa orang yang ditemui dijalan, dan selalu ramah terhadap siapapun. Hal itu ditunjukkan dengan sikap siswa-siswi Sekolah Dasar yang ada di Desa margorejo yang ramah dan murah senyum, berbicara dengan sopan, saling bertegur sapa, memiliki etiket dalam meminta maaf dan terimakasih, peduli terhadap sesama, saling tolong menolong, dan menjunjung tinggi rasa kejujuran. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman budaya 5S pada siswa sekolah dasar di Desa Margorejo sudah berjalan dengan baik dengan ditunjukan perilaku siswa yang mencerminkan budaya 5S. Hal tersebut tidak luput dari faktor pendukung dalam penanaman budaya 5S yakni adanya peran orangtua yang memberi contoh sikap, perilaku dan pembiasaan serta peneladanan. Meskipun begitu masih terdapat faktor penghambat dalam penanaman budaya 5S.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Santoso, S.Pd., M.Pd. (2) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., MA.
Kata Kunci: Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun), Penanaman Budaya, Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:46
Last Modified: 22 Mar 2022 07:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16031

Actions (login required)

View Item View Item