Ruminingsih, Ruminingsih (2022) Pengembangan media pembelajaran finger painting untuk meningkatkan kemampuan motorik anak tk. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (540kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version Download (41kB) | Preview |
Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (646kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (101kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (617kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah kemampuan motorik anak kurang berkembang karena pembelajaran kurang variatif. Kemampuan motorik anak belum mencapai standar kompetensi dasar yang diharapkan. Media pembelajaran yang berkaitan dengan perkembangan motorik masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengembangan media pembelajaran finger painting untuk meningkatkan kemampuan motorik anak TK B Rembang. Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi 10 langkah; Research and Information Collecting, planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Populasi adalah siswa TK kelompok B Rembang. Teknik sampling dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara tes, kuesioner, observasi, dan wawancara. Selanjutnya dilakukan uji validasi kepada ahli, uji inferensial statistik dan uji kepraktisan. Desain pengembangan media pembelajaran diawali dengan studi pendahuluan, analisis, perumusan pengembangan media pembelajaran, desain media, prototype dan pengembangan instrumen. Kelayakan media dengan uji kepada ahli media dengan skor 92%, kategori sangat layak. Validasi ahli media memperoleh hasil 4,7% dengan predikat sangat baik. Angket kepada guru menunjukkan jumlah respon positif sebanyak 48 dari 50 poin yang berarti persentasenya sebanyak 96% dengan kategori sangat suka. Hasil angket tentang respon anak menunjukan hasil respon positif yang diperoleh sebanyak 92 atau 92% dengan kategori sangat suka. Uji efektivitas dengan uji coba terbatas mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 000 < 0,05, nilai t hitung sebesar -7.756 dan nilai t tabel dengan df=18 sebesar 2,101 maka nilai t hitung (-7.756) > t tabel (2.101). Kelas eksperimen mendapatkan nilai N-Gain % sebesar 69.6 yang ditafsirkan dalam katagori cukup efektif. Uji coba luas mendapatkan nilai < 0,05, nilai t hitung sebesar 27.012, sedangkan t tabel dengan df = 30 sebesar 2.048, dimana nilai 27.012 > 2.048, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan menunjukkan bahwa pengembangan media telah memenuhi kebutuhan guru dan siswa, media yang dikembangkan memenuhi syarat valid dan reliabel, mempunyai tingkat kevalidan yang baik. Pengembangan media pembelajaran finger painting efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik anak TK B Rembang.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. 2. Dr. Ir. Endang Dewi Murrinie, M.Pd. |
Kata Kunci: | Finger Painting, Kemampuan Motorik, Anak TK |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Taman kanak-kanak Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 02:05 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 02:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16034 |
Actions (login required)
View Item |