Pengembangan media pembelajaran kotak pasir berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan sosial emosional anak Di TK Tutwuri.

Anjarsari, Widya (2022) Pengembangan media pembelajaran kotak pasir berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan sosial emosional anak Di TK Tutwuri. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (712kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena kemampuan sosial emosional anak TK belum sesuai target yang diharapkan. Ketrampilan anak kurang berkembang karena pembelajaran kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengembangan media pembelajaran berbasis pasir untuk meningkatkan sosial emosional anak di TK Tutwuri. Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi 10 langkah; Research and Information Collecting, planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Populasi adalah siswa TK Pertiwi I Desa Sumber Rembang. Teknik sampling dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, observasi, dan wawancara. Selanjutnya dilakukan uji validasi kepada ahli, uji inferensial statistik dan uji kepraktisan. Hasil penelitian analisa kebutuhan dengan observasi dan wawancara, yaitu perlunya mengembangkan media kotak pasir laut Berbasis Kearifan Lokal. Desain produk dengan memepertibangkan komptensi siswa terkait kemampuan sosial emosional, menentukan tujuan, membuat desain, membuat prototype dan pengembangan. Uji kelayakan dengan melihat respon guru (respon positif 86%), respon siswa 86%, validasi ahli media dengan nilai 86% (sangat layak) dan ahli materi dengan nilai 3.4% (Sangat baik). Hasil uji validitas mendapatkan nilai valid (r hitung > r tabel) dan uji reliabilitas mendapatkan nilai reliabel. Uji efektivitas mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0.000< 0,05. Nilai t hitung sebesar -9.185 dan nilai t tabel dengan df=18 sebesar 2,1788 maka nilai t hitung > t tabel (9.185 > 2,1788). Kelompok eksperimen mendapatkan nilai Gain ternormalisasi atau N-Gain% sebesar 70.16% diinterprestasikan dalam kategori cukup efektif. Uji coba luas mendapatkan nilai sig. 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai N-Gain sebesar 69.8 dalam kategori efektif. Kesimpulan penelitian ini, pengembangan media kotak pasir berbasis kearifan lokal memenuhi kebutuhan siswa dan guru, pengembangan kotak pasir berbasis kearifan lokal telah teruji kelayakan oleh ahli materi dan media dan media pembelajaran kotak pasir berbasis kearifan lokal efektif untuk meningkatkan sosial emosional anak di TK Tutwuri.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Pembimbing 1: Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. 2. Pembimbing 2: Dr. Drs. Su’ad, M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Kotak Pasir, Berbasis Kearifan Lokal, Kemampuan Sosial Emosional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:08
Last Modified: 12 May 2022 22:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16035

Actions (login required)

View Item View Item