Pengembangan model project based learning dengan studentpreneur berbasis kearifan lokal gusjigang kelas vi sekolah dasar di kabupaten kudus

MALITASARI, LAILA NOOR (2022) Pengembangan model project based learning dengan studentpreneur berbasis kearifan lokal gusjigang kelas vi sekolah dasar di kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (747kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan model project based learning dengan studentpreneur gusjigang, mendeskripsikan desain pengembangan model project based learning dengan studentpreneur gusjigang dan menganalisis efektivitas model project based learning dengan studentpreneur berbasis kearifan lokal gusjigang untuk siswa kelas VI Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg and Gall, dengan menggunakan sepuluh tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas VI segugus Bulungcangkring dan siswa kelas VI SDN 6 dan 7 Bulungcangkring Desain pengembangan model project based learning dengan studentpreneur berbasis kearifan lokal gusjigang yang terdiri dari penyampaian tujuan pembelajaran, pemberian pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek studentpreneur yang berbasis kearifan lokal gusjigang, menyusun jadwal proyek studentpreneur berbasis gusjigang dalam market day, memonitor kemajuan proyek studentpreneur gusjigang, menguji hasil, mengevaluasi proyek studentpreneur gusjigang. Hasil penelitian menunjukkan analisis kebutuhan model project based learning dengan studentpreneur gusjigang dapat diterapkan dalam pembelajaran, pengembangan desain model project based learning dengan studentpreneur yang ditekankan filososfi gusjigang, serta adanya efektivitas peningkatan hasil belajar pada tema lima wirausaha. Rerata persentase hasil posttest pada kelas eksperimen maupun kelas control relatif hampir sama, yakni 29,43 pada kelas eksperimen dan 28,35 pada kelas control. Setelah dikenai intervensi, rerata hasil posttest kelas eksperimen naik sebesar 8,06, sedangkan pada kelas control naik sebesar 8,03. Hasil uji t diperoleh nilai thitung = 0,488 dengan taraf signifikansi 0,000 < α = 0,05. Persentase respon positif yang diberikan oleh siswa dan guru masing-masing yakni 85,23% dan 94,60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan model project based learning dengan studentpreneur gusjigang efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 wirausaha. Pembelajaran hendaknya meningkatkan pengalaman yang bermakna bagi siswa, salah satunya model project based learning dengan studentpreneur gusjigang dapat mengenalkan kearifan lokal gusjigang Kabupaten Kudus yang sarat akan makna dan filosofi yang patut diterapkan guru kepada siswa dalam proses pembelajaran

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: I) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Pembimbing II) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A.
Kata Kunci: Project Based Learning, Studentpreneur, Kearifan Lokal Gusjigang
Subjects: Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:34
Last Modified: 23 Mar 2022 02:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16037

Actions (login required)

View Item View Item