MALITASARI, LAILA NOOR (2022) Pengembangan model project based learning dengan studentpreneur berbasis kearifan lokal gusjigang kelas vi sekolah dasar di kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (747kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version Download (158kB) | Preview |
Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (209kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan model project based learning dengan studentpreneur gusjigang, mendeskripsikan desain pengembangan model project based learning dengan studentpreneur gusjigang dan menganalisis efektivitas model project based learning dengan studentpreneur berbasis kearifan lokal gusjigang untuk siswa kelas VI Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg and Gall, dengan menggunakan sepuluh tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas VI segugus Bulungcangkring dan siswa kelas VI SDN 6 dan 7 Bulungcangkring Desain pengembangan model project based learning dengan studentpreneur berbasis kearifan lokal gusjigang yang terdiri dari penyampaian tujuan pembelajaran, pemberian pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek studentpreneur yang berbasis kearifan lokal gusjigang, menyusun jadwal proyek studentpreneur berbasis gusjigang dalam market day, memonitor kemajuan proyek studentpreneur gusjigang, menguji hasil, mengevaluasi proyek studentpreneur gusjigang. Hasil penelitian menunjukkan analisis kebutuhan model project based learning dengan studentpreneur gusjigang dapat diterapkan dalam pembelajaran, pengembangan desain model project based learning dengan studentpreneur yang ditekankan filososfi gusjigang, serta adanya efektivitas peningkatan hasil belajar pada tema lima wirausaha. Rerata persentase hasil posttest pada kelas eksperimen maupun kelas control relatif hampir sama, yakni 29,43 pada kelas eksperimen dan 28,35 pada kelas control. Setelah dikenai intervensi, rerata hasil posttest kelas eksperimen naik sebesar 8,06, sedangkan pada kelas control naik sebesar 8,03. Hasil uji t diperoleh nilai thitung = 0,488 dengan taraf signifikansi 0,000 < α = 0,05. Persentase respon positif yang diberikan oleh siswa dan guru masing-masing yakni 85,23% dan 94,60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan model project based learning dengan studentpreneur gusjigang efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 wirausaha. Pembelajaran hendaknya meningkatkan pengalaman yang bermakna bagi siswa, salah satunya model project based learning dengan studentpreneur gusjigang dapat mengenalkan kearifan lokal gusjigang Kabupaten Kudus yang sarat akan makna dan filosofi yang patut diterapkan guru kepada siswa dalam proses pembelajaran
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | I) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Pembimbing II) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. |
Kata Kunci: | Project Based Learning, Studentpreneur, Kearifan Lokal Gusjigang |
Subjects: | Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 02:34 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 02:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16037 |
Actions (login required)
View Item |