Pengembangan modul smart parenting untuk menguatkan kemampuan personal sosial anak tk.

MUZAYANAH, ERY (2022) Pengembangan modul smart parenting untuk menguatkan kemampuan personal sosial anak tk. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (772kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena kemampuan personal sosial anak TK belum sesuai target yang diharapkan. Ketrampilan personal sosial anak kurang berkembang karena pembelajaran yang tidak variatif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Pengembangan Modul Smart parenting Untuk Menguatkan Kemampuan Personal Sosial Anak TK. Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi Research and Information Collecting, planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Populasi adalah siswa TK Pertiwi 2 Desa Sumber Kec. Sumber Kab. Rembang. Teknik sampling dengan purposive sampling dan besar sampel sebanyak 30 responden. Hasil penelitian pada analisa kebutuhan diketahui melalui observasi dan wawancara bahwa pada pembelajaran orang tua sangat perlu dalam parenting yang mudah dan mendukung perkembangan anak sehingga diperlukan pengembangan modul parenting. Pengembangan dengan menentukan tema, tujuan, sumber belajar, ukuran modul untuk diproduksi. Uji kelayakan secara kualitatif dengan validasi ahli materi mendapatkan skor 89.4% (sangat layak), validasi ahli Bahasa mendapatkan skor 92% (sangat layak), respon guru dengan nilai 92% (sangat suka), respon siswa dengan skor 94% (sangat suka), respon orang tua 92% (sangat suka). Validasi kuantitatif mendapatkan nilai valid dan reliabel. Uji efektivitas dengan uji coba terbatas mendapatkan nilai t hitung (9.331) > t tabel (2.101). Kelas eksperimen sebanyak 10 orang mendapatkan nilai rata-rata 69.10 dengan Nilai N-Gain % sebesar 81.44 yang ditafsirkan dalam katagori cukup efektif. Kelas kontrol sebanyak 10 orang mendapatkan nilai rata-rata 51.90 dengan Nilai N-Gain sebesar 52.78 dengan kategori tidak efektif. Uji coba luas didapatkan nilai p value dengan nilai sig. 0.000, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Tahap penelitian pengembangan ini sampai pada revisi produk dan belum dilakukan dimesinasi karena keterbatasan waktu penelitian. Kesimpulan penelitian ini didapatkan bahwa Pengembangan Modul Smart parenting Untuk Menguatkan Kemampuan Personal Sosial Anak TK telah memenuhi analisa kebutuhan, pengembangan produk memenuhi syarat valid (kelayakan) dan uji efektivitas mendapatkan bahwa pengembangan modul smart parenting efektif dalam meningkatkan kemampuan personal sosial anak TK.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Pembimbing 1: Dr. Fitri Budi Suryani, M.Pd 2. Pembimbing 2: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: Smart parenting, Kemampuan Personal Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:26
Last Modified: 23 Mar 2022 03:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16041

Actions (login required)

View Item View Item