SHOFIYATI, SRI (2022) Pengaruh penerapan model project based learning dan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis materi kalor dan perpindahannya pada siswa kelas vi sd di kecamatan demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (285kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (243kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (184kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (688kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi kalor dan perpindahannya pada kelas VI SD di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Demak Kabupaten Demakr (2) Menganalisis pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi kalor dan perpindahannya pada kelas VI SD di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Demak Kabupaten Demak (3) Menganalisis perbedaan pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) dan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi kalor dan perpindahannya pada kelas VI SD di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Jenis Penelitian kuantitatif dengan model penelitian Quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent control group design Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VI SD di kecamatan Demak. Sampel penelitian adalah 3 SD yaitu dari kelas VI SD N Bintoro 8, Keas VI SD N Bintoro 9 dan kelas VI SD N Bintoro 10 tehnik pengambilan sampel Purpose sampling Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan Tes. .Aanalisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji dan N-Gain Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh signifikan penerapan model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan t hitung sebesar 17.812 dan t tabel sebesar 1,9977 maka thitung > ttabel i. 2) Ada pengaruh signifikan penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan t tabel sebesar 1,9995 maka thitung > ttabel 3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan penerapan model project based learning dan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai t hitung sebesar 14.483 dan t tabel sebesar 1,9939 maka thitung > ttabel. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model project based learning dan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi kalor dan perpindahannya pada kelas VI SD di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Demak Kabupaten Demak
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, MA |
Kata Kunci: | Project Based Learning, Discovery Learning, Kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 03:37 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 03:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16042 |
Actions (login required)
View Item |