Pengaruh penerapan model project based learning dan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis materi kalor dan perpindahannya pada siswa kelas vi sd di kecamatan demak

SHOFIYATI, SRI (2022) Pengaruh penerapan model project based learning dan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis materi kalor dan perpindahannya pada siswa kelas vi sd di kecamatan demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi kalor dan perpindahannya pada kelas VI SD di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Demak Kabupaten Demakr (2) Menganalisis pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi kalor dan perpindahannya pada kelas VI SD di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Demak Kabupaten Demak (3) Menganalisis perbedaan pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) dan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi kalor dan perpindahannya pada kelas VI SD di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Jenis Penelitian kuantitatif dengan model penelitian Quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent control group design Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VI SD di kecamatan Demak. Sampel penelitian adalah 3 SD yaitu dari kelas VI SD N Bintoro 8, Keas VI SD N Bintoro 9 dan kelas VI SD N Bintoro 10 tehnik pengambilan sampel Purpose sampling Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan Tes. .Aanalisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji dan N-Gain Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh signifikan penerapan model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan t hitung sebesar 17.812 dan t tabel sebesar 1,9977 maka thitung > ttabel i. 2) Ada pengaruh signifikan penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan t tabel sebesar 1,9995 maka thitung > ttabel 3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan penerapan model project based learning dan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai t hitung sebesar 14.483 dan t tabel sebesar 1,9939 maka thitung > ttabel. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model project based learning dan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi kalor dan perpindahannya pada kelas VI SD di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Demak Kabupaten Demak

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, MA
Kata Kunci: Project Based Learning, Discovery Learning, Kemampuan berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:37
Last Modified: 23 Mar 2022 03:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16042

Actions (login required)

View Item View Item