Efektivitas model concept sentence dengan media puzzle terhadap hasil belajar keterampilan menulis deskripsi siswa kelas ii sd kabupaten kudus

MUNAWAROH, IZZATUL (2022) Efektivitas model concept sentence dengan media puzzle terhadap hasil belajar keterampilan menulis deskripsi siswa kelas ii sd kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman depan]
Preview
Text (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektifitas penerapan model Concept Sentence dengan media puzzle terhadap hasil belajar peserta didik kelas II pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis deskripsi serta menganalisis perbedaan antara pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Concept Sentence media puzzle dengan pembelajaran yang menerapkan model konvensional terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis deskripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental dengan bentuk nonequalivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II Sekolah Dasar yang menerapkan kurikulum 2013 pada Kecamatan Dawe. Pemilihan sampling dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas II SD 2 Samirejo, SD 1 Samirejo, SD 5 Cendono, dan SD 1 Cendono. Teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Metode analasis data menggunakan uji n-gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keefektifan model Concept Sentence didasarkan uji-t yaitu diketahui bahwa nilai thitung 6,027 lebih besar dibandingkan nilai ttabel 2,0030. (2) Keefektifan media puzzle didasarkan uji-t yaitu diketahui bahwa nilai thitung 4,036 lebih akbar dibandingkan nilai ttabel dua,0030. (3) Keefektifan model Concept Sentence dengan media puzzle didasarkan uji-t yaitu diketahui bahwa nilai thitung 2,267 lebih besar dibandingkan nilai ttabel 2,0030. Simpulan penelitian ini adalah (1) model pembelajaran Concept Sentence lebih efektif digunakan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis deskripsi siswa kelas II SD Kabupaten kudus dari pada model pembelajaran konvensional. (2) Media puzzle lebih efektif digunakan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis deskripsi siswa kelas II SD Kabupaten Kudus dari pada model pembelajaran konvensional. (3) Model pembelajaran Concept Sentence dengan media puzzle lebih efektif digunakan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis deskripsi siswa kelas II SD Kabupaten Kudus dari pada model pembelajaran konvensional.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd 2. Dr. Irfai Fathurohman, M. Pd
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Model Concept Sentence, Media Puzzle
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:01
Last Modified: 23 Mar 2022 04:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16046

Actions (login required)

View Item View Item