MUNAWAROH, IZZATUL (2022) Efektivitas model concept sentence dengan media puzzle terhadap hasil belajar keterampilan menulis deskripsi siswa kelas ii sd kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version Download (420kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (357kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (695kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (804kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (541kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektifitas penerapan model Concept Sentence dengan media puzzle terhadap hasil belajar peserta didik kelas II pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis deskripsi serta menganalisis perbedaan antara pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Concept Sentence media puzzle dengan pembelajaran yang menerapkan model konvensional terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis deskripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental dengan bentuk nonequalivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II Sekolah Dasar yang menerapkan kurikulum 2013 pada Kecamatan Dawe. Pemilihan sampling dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas II SD 2 Samirejo, SD 1 Samirejo, SD 5 Cendono, dan SD 1 Cendono. Teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Metode analasis data menggunakan uji n-gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keefektifan model Concept Sentence didasarkan uji-t yaitu diketahui bahwa nilai thitung 6,027 lebih besar dibandingkan nilai ttabel 2,0030. (2) Keefektifan media puzzle didasarkan uji-t yaitu diketahui bahwa nilai thitung 4,036 lebih akbar dibandingkan nilai ttabel dua,0030. (3) Keefektifan model Concept Sentence dengan media puzzle didasarkan uji-t yaitu diketahui bahwa nilai thitung 2,267 lebih besar dibandingkan nilai ttabel 2,0030. Simpulan penelitian ini adalah (1) model pembelajaran Concept Sentence lebih efektif digunakan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis deskripsi siswa kelas II SD Kabupaten kudus dari pada model pembelajaran konvensional. (2) Media puzzle lebih efektif digunakan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis deskripsi siswa kelas II SD Kabupaten Kudus dari pada model pembelajaran konvensional. (3) Model pembelajaran Concept Sentence dengan media puzzle lebih efektif digunakan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis deskripsi siswa kelas II SD Kabupaten Kudus dari pada model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd 2. Dr. Irfai Fathurohman, M. Pd |
Kata Kunci: | Keterampilan Menulis, Model Concept Sentence, Media Puzzle |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 04:01 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 04:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16046 |
Actions (login required)
View Item |