Pengaruh metode pembelajaran role playing dan sosiodrama terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kepekaan sosial peserta didik kelas iv sekolah dasar

Khosrumiya, Nurul Hidayati (2022) Pengaruh metode pembelajaran role playing dan sosiodrama terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kepekaan sosial peserta didik kelas iv sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (841kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis kepekaan sosial peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini untuk 1) menganalisis pengaruh Role Playing terhadap terhadap Kepekaan Sosial, 2) menganalisis pengaruh Sosiodrama terhadap Kepekaan Sosial, 3) menganalisis pengaruh Role Playing terhadap Berpikir Kritis, 4) menganalisis pengaruh Sosiodrama terhadap Berpikir Kritis, 5) menganalisis pengaruh Kepekaan Sosial terhadap Berpikir Kritis, 6) menganalisis perbedaan pengaruh Role Playing dan Sosiodrama terhadap Kepekaan Sosial, 7) menganalisis perbedaan pengaruh Role Playing dan Sosiodrama terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental (experimental research) dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian sebanyak 6 Sekolah dengan data 208 peserta didik dan sampel 4 sekolahan pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar di Gugus Karangkusuma Kecamatan Mranggen. Pemilihan sampling dalam penelitian ini adalah dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dan tes kuesioner. Teknik analisis data dengan deskripsi data, uji normalitas dan uji homogenitas, uji t serta N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh penggunaan Role Playing terhadap Kepekaan Sosial peserta didik kelas IV Sekolah Dasar yang dibuktikan dari hasil uji t diperoleh t hitung(21,942) > t tabel(1,681) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis 1 terbukti. 2) terdapat pengaruh Sosiodrama terhadap Kepekaan Sosial yang dibuktikan dari hasil uji t diperoleh t hitung(28,926) > t tabel(1,681) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis 2 terbukti. 3) terdapat pengaruh Role Playing terhadap Berpikir Kritis yang dibuktikan dari hasil uji t diperoleh t hitung(15,065) > t tabel(1,671) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis 3 terbukti 4) terdapat pengaruh Sosiodrama terhadap Berpikir Kritis yang dibuktikan dari hasil uji t diperoleh t hitung(14,739) > t tabel(1,672) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis 4 terbukti 5) Terdapat pengaruh Kepekaan Sosial terhadap Berpikir Kritis yang dibuktikan dari hasil uji t diperoleh t hitung(38,650) > t tabel(1,681) sehinga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis 5 terbukti 6) perbedaan pengaruh Role Playing dan Sosiodrama terhadap Kepekaan Sosial yang dibuktikan dari hasil uji t diperoleh t hitung(45,832) > t tabel(1,676) dan (44,689) > t tabel(1,676) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis 6 terbukti 7) perbedaan pengaruh Role Playing dan Sosiodrama terhadap Berpikir Kritis yang dibuktikan dari hasil uji t diperoleh t hitung (28,926) > t tabel(1,681) dan (21,942) > t tabel(1,681) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis 7 terbukti.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Santoso, M. Pd. Pembimbing 2 Dr. Erik Aditia Ismaya, MA.
Kata Kunci: Role Playing, Sosiodrama, Berpikir Kritis, Kepekaan Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:55
Last Modified: 23 Mar 2022 03:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16047

Actions (login required)

View Item View Item