Pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (ctl) dan model discovery learning terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas iv di kecamatan demak

SAPTARINI, DEWI (2022) Pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (ctl) dan model discovery learning terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas iv di kecamatan demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas IV SD di Kecamatan Demak, 2) menganalisis pengaruh model Pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas IV SD di Kecamatan Demak, 3) menganalisis perbedaan pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas IV SD di Kecamatan Demak. Penelitian ini eksperimental (experimental research) dengan desain quasi experimental design metode pretest posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV di SD Dabin 1 Kecamatan Demak sebanyak 246. Sampel penelitan adalah SDN Mangunjiwan 3, SDN Karangmlati 1 sebagai kelas eksperimen dan SDN Karangmlati 2 sebagai kelas dengan tehnik purpose sampling, Instrumen penelitian berupa tes. Analisis data menggunakan deskripsi data, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis (independent sample t test dan normalized gain) Hasil penelitian 1) pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas IV SD di Kecamatan Demak berdasarkan nilai dengan hasil t hitung sebesar 12,306 dan t tabel sebesar 2,0040 maka t hitung > t tabel; 2) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas IV SD di Kecamatan Demak berdasarkan nilai dengan hasil t hitung sebesar 8,308 dan t tabel sebesar 2,0017 maka t hitung > t tabel; 3) terdapat perbedaan pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan model pembelajaran discovery terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas IV SD di Kecamatan Demak berdasarkan nilai dengan hasil t hitung sebesar 5,413 dan t tabel sebesar 2,0010 maka t hitung > t tabel. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh contextual teaching and learning (CTL) dan model pembelajaran discovery terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas IV SD di Kecamatan Demak

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: I) Dr. Sukirman, M.Pd., II) Dr. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning Discovery Learning , Kemampuan metakognitif,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:59
Last Modified: 23 Mar 2022 03:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16049

Actions (login required)

View Item View Item