Pegembangan e-modul untuk meningkatkan minat literasi digital dan hasil belajar siswa materi volume bangun ruang kubus dan balok kelas v sekolah dasar

Sunarto, Sunarto (2022) Pegembangan e-modul untuk meningkatkan minat literasi digital dan hasil belajar siswa materi volume bangun ruang kubus dan balok kelas v sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (906kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji keefektifan emodul untuk meningkatkan digital dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika volume kubus dan balok kelas V SD. Produk yang dihasilkan berupa e-modul berbasis android. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model Borg & Gall. Langkah-langkah pengembangan : 1) menganalisis kebutuhan; 2) mengembangkan desain awal; 3) validasi dan revisi; 4) uji coba terbatas; 5) uji coba luas; 6) diseminasi. Validasi emodul dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi. Pengembangan e-modul berdasarkan kebutuhan guru dan siswa. Pelaksanaan ujicoba dilakukan pada siswa SD Maitan 01 dan SD Maitan 03 dengan jumlah siswa 54 orang sebagai kelas eksperimen dan SD Wukirsari 02 dan SDN Pakis dengan jumlah siswa 48 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, lembar angket, penilaian emodul yang dikembangkan, dan tes hasil belajar siswa. Peningkatan minat literasi digital diukur melaui aspek rasa senang, tertarik, berinisiatif, perhatian. Data kefektivan e-modul untuk meningkatkan minat literasi digital dan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji gain, uji-t. Hasil penelitian e-modul dikembangkan menurut kebutuhan guru dan siswa. Hasil penilaian validasi ahli adalah 46, 25, 52 masuk kriteria valid dengan kategori sangat baik. Desain e-modul mencakup desain sampul, materi bangun ruang kubus dan balok, video, quis, uji kompetensi, dan profil pengembang. Uji coba e-modul dilakukan melalui uji coba terbatas dan uji coba skala luas. Uji coba terbatas diperoleh peningkatan minat literasi digital rata-rata 75,92%. rata-rata hasil belajar dari pretest dan post test siswa ditunjukkan oleh nilai n-gain yaitu sebesar 0,66 kategori sedang. Hasil uji coba skala luas, literasi digital siswa kelas control 73% dengan kategori baik, sedangkan kelas eksperimen 86% dengan kategori sangat baik. N-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen 0,64 masuk kategori sedang. Pada kelas kontrol 0,29 kategori rendah. Hasil post-test nilai signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara nilai post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan uji statistik tersebut disimpulkan bahwa pengembangan e-modul valid dan terbukti efektif dapat meningkatkan minat literasi digital dan hasil belajar materi volume bangun ruang kubus dan balok kelas V sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Dr. Eko Darmanto, S.Kom.,M.Cs., Pembimbing 2: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Kata Kunci: e-modul, literasi digital, hasil belajar, bangun ruang
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:07
Last Modified: 23 Mar 2022 04:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16050

Actions (login required)

View Item View Item