Pengaruh peran guru, kepala sekolah dan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas v dalam implementasi blended learning

ASLAH, NAJIKHATUL (2022) Pengaruh peran guru, kepala sekolah dan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas v dalam implementasi blended learning. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang masalah adalah rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran masa pandemi covid-19 dengan blended learning hal ini diduga karena faktor peran guru, kepala sekolah dan peran orang tua yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh antara peran guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar dalam implementasi blended learning di Kecamatan Bonang, (2) Menganalisis pengaruh peran kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar dalam implementasi blended learning, (3) Menganalisis pengaruh antara peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar dalam implementasi blended learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian expost facto. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah populasi 195 siswa dan sampel 131 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dan observasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Dengan analisis data uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh yang signifikan peran guru terhadap motivasi belajar siswa dalam implementasi blended learning dengan besar pengaruh 42,9% dan korelasi sebesar 0,659. (2) terdapat pengaruh yang signifikan peran kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa dalam implementasi blended learning dengan besar pengaruh 24,7% dan korelasi sebesar 0,503. (3) terdapat pengaruh yang signifikan peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa dalam implementasi blended learning dengan besar pengaruh 52,1%. dan korelasi sebesar 0,725, (4) terdapat pengaruh yang signifikan peran guru, kepala sekolah dan peran orang tua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa dalam implementasi blended learning dengan besar pengaruh 67,8% dan korelasi sebesar 0,828. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh peran guru, peran kepala sekolah dan peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar dalam implementasi blended learning. Saran yang diberikan adalah hendaknya guru, kepala sekolah dan orang tua meningkatkan kerjasama untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Murtono, M. Pd 2. Dr. Slamet Utomo, M. Pd
Kata Kunci: Peran Guru, Kepala Sekolah, Orang Tua, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:13
Last Modified: 23 Mar 2022 04:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16053

Actions (login required)

View Item View Item