Efektivitas pembelajaran blended learning berbantu powerpoint interaktif terhadap prestasi belajar siswa sdn gugus bintarum kecamatan demak

Dini Kusuma, Ningrum, (2022) Efektivitas pembelajaran blended learning berbantu powerpoint interaktif terhadap prestasi belajar siswa sdn gugus bintarum kecamatan demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (454kB)

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA saat pembelajaran daring karena guru hanya memberi tugas dalam buku teks tanpa menjelaskan materi pelajaran dan tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang mampu memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui manakah yang lebih efektif antara pembelajaran blended learning dengan pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar siswa kelas VI di Gugus Bintarum Kecamatan Demak, 2) Mengetahui manakah yang lebih efektif antara pembelajaran blended learning berbantu powerpoint interaktif dengan pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar siswa kelas VI di Gugus Bintarum Kecamatan Demak, 3) Megetahui manakah yang lebih efektif antara pembelajaran blended learning dengan pembelajaran blended learning berbantu powerpoint interaktif terhadap prestasi belajar siswa kelas VI di Gugus Bintarum Kecamatan Demak. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VI SDN di Gugus Bintarum Kecamatan Demak. Sampel dalam penelitian adalah semua siswa kelas VI SDN Karangmlati 1 dan SDN Karangmlati 2 sebagai kelas eksperimen serta SDN Mangunjiwan 3 sebagai kelas kontrol yang berada di Gugus Bintarum Kecamatan Demak. Instrumen penelitian menggunakan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat efektifitas model blended learning daripada pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar siswa terbukti nilai t hitung > t tabel (3,155 > 2,0049) dan nilai Sig (2-tailed) sebesar 000 < 0,05; (2) terdapat efektifitas blended learning berbantu media powerpoint interaktif daripada pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar siswa terbukti dari nilai t hitung > t tabel (6,420 > 2,0167). Nilai Sig sebesar 000 < 0,05 dan perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata postest (86,30 > 62,96); (3) terdapat perbedaan efektifitas model blended learning dan blended learning berbantu powerpoint interaktif terhadap prestasi belajar siswa terbukti nilai t hitung > t tabel (4,509 > 2,0096) dan nilai Sig sebesar 000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat efektifitas model blended learning dan blended learning berbantu powerpoint interaktif terhadap prestasi belajar siswa kelas VI di SDN Gugus Bintarum Kecamatan Demak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I: Dr. Murtono, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Slamet Utomo, M.Pd.
Kata Kunci: model Blended Learning, Power Point, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:19
Last Modified: 23 Mar 2022 04:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16054

Actions (login required)

View Item View Item