SUBKHAN, ALI (2022) Pengaruh pembelajaran daring, motivasi dan penguasaan konsep ips terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas iv sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
1.HALAMAN COVER.pdf - Published Version Download (550kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (Bab II)
3. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
6. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring, kemampuan memecahkan masalah sosial, dan motivasi belajar terhadap pengusaan konsep IPS pada siswa kelas IV di SD Negeri anggota Gugus Palapa Sayung, Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari empat langkah, yaitu: 1) identifikasi masalah; 2) Studi literatur; 3) Pengembangan kerangka konsep; 4) identifikasi dan definisi variabel, hipotesis, dan instrumen penelitian, 5) teknik sampling, 6) pengumpulan data, 7) analisis data, 8) kesimpulan. Teknik sampling jenuh (sensus) adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru kelas 6 dan kepala sekolah di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linierita) dan uji hipotesis (regresi berganda, uji F, dan koefisien determinasi). Pada hasil penelitian bahwa setiap variabel independen (X1, X2, dan X3) berpengaruh terhadap variabel dependen (Y) yaitu pembelajaran daring, motivasi belajar, dan penguasaan konsep IPS berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV Sekolah Dasar sebesar 70,50%. Diharapkan kepada kepala sekolah dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran daring sehingga siswa dapat memiliki penguasaan konsep pada mata pelajaran IPS dan dapat memecahkan permasalahan sosial siswa Sekolah Dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | I) Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd., II) Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Pembelajaran Daring, Kemampuan Pemecahan Masalah, Motivasi, Penguasaan Konsep IPS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 04:39 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 04:39 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16059 |
Actions (login required)
View Item |