Pengembangan modul menulis cerita rakyat demak berbasis model cooperative integrated reading and composition untuk peningkatan keterampilan menulis kelas iv di sekolah dasar.

Tyassari, Nurina (2022) Pengembangan modul menulis cerita rakyat demak berbasis model cooperative integrated reading and composition untuk peningkatan keterampilan menulis kelas iv di sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
1. Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Tujuan dalam penilitian ini adalah : 1) untuk mengetahui kebutuhan modul menulis cerita rakyat Demak untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas IV Sekolah Dasar. 2) untuk mengembangkan desain modul menulis cerita rakyat Demak berbasis model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas IV Sekolah Dasar. 3) untuk menganalisis kelayakan modul menulis cerita rakyat Demak berbasis model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas IV Sekolah Dasar. 4) untuk menganalisis efektivitas pengembangan modul menulis cerita rakyat Demak berbasis model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas IV Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini adalah reseacrh dan developmen (R&D) dengan model pendekatan eksperimen adapun desain yang digunakan adalah pre-test dan postest control group desain. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji keefektifan produk meliputi uji N-Gain dan Uji T-test. Hasil penelian bahwa: Uji paired samples t test nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05, atau t-hitung 32,016 > t-tabel 2,03693 maka dapat diartikan bahwa ada perbedaan rata-rata keterampilan menulis siswa sebelum dan setelah menggunakan modul di SD Negeri Sukodono 1 Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Pada uji paired samples test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05 atau t-hitung 26,496 > t-tabel 2,04523, maka dapat diartikan bahwa ada perbedaan rata-rata keterampilan menulis siswa sebelum dan setelah menggunakan modul di SD Negeri Sumberejo 2 Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Simpulan penelitian ini adalah modul menulis cerita rakyat Demak berbasis model Cooperative Integrated Reading And Composition efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Dr. Santoso, M.Pd Pembimbing 2: Dr. Su'ad, M.Pd
Kata Kunci: Modul Menulis Cerita, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dan Keterampilan Menulis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:52
Last Modified: 23 Mar 2022 04:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16061

Actions (login required)

View Item View Item