Pengembangan multimedia interaktif menggunakan flip pdf corporate pada materi volume bangun ruang sederhana untuk siswa kelas v sdn kuncir 2 wonosalam demak

NINGRUM, SANTI DWI PUSPITA (2022) Pengembangan multimedia interaktif menggunakan flip pdf corporate pada materi volume bangun ruang sederhana untuk siswa kelas v sdn kuncir 2 wonosalam demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan terhadap multimedia interaktif menggunakan flip PDF corporate pada materi volume bangun ruang sederhana di Kelas V SDN Kuncir 2, 2) Mengembangkan multimedia interaktif menggunakan flip PDF corporate pada materi volume bangun ruang sederhana di Kelas V SDN Kuncir 2, 3) Menguji kelayakan multimedia interaktif menggunakan flip PDF corporate pada materi volume bangun ruang sederhana di Kelas V SDN Kuncir 2, 4) Menguji keefektifan multimedia interaktif menggunakan flip PDF corporate pada materi volume bangun ruang sederhana di Kelas V SDN Kuncir 2. Jenis penelitin ini menggunakan model penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan 8 tahap dari 10 tahap model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA dan VB SDN Kuncir 2 Wonosalam Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) multimedia interaktif dibutuhkan pada pembelajaran matematika di SD, 2) menghasilkan produk pengembangan multimedia interaktif menggunakan flip PDF corporate pada materi volume bangun ruang sederhana, 3) multimedia interaktif menggunakan flip PDF corporate pada pembelajaran matematika materi volume bangun ruang sederhana layak digunakan menurut validator ahli materi dan ahli media. Kelayakan ahli materi mendapat skor 80% dengan kriteria layak dan ahli media mendapat skor 78% dengan kriteria layak, 4) penggunaan multimedia interaktif menggunakan flip PDF corporate cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kuncir 2 Wonosalam Demak, dengan nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 56,57%. Dari penelitian ini disarankan bahwa: 1) guru diharapkan mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran, 2) media pembelajaran ini dapat dikembangkan lagi oleh guru dengan materi yang berbeda.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Su’ad, M. Pd 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, MA
Kata Kunci: Multimedia interaktif, flip PDF corporate, volume bangun ruang sederhana
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 05:15
Last Modified: 23 Mar 2022 05:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16066

Actions (login required)

View Item View Item