Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sd se-dabin ii kecamatan karangtengah kabupaten demak

SOPIATI, LAILY (2022) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sd se-dabin ii kecamatan karangtengah kabupaten demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) menganalisis pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, dan (3) menganalisis pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini dibuat karena kinerja guru di Kecamatan Karangtengah tepatnya Dabin II dinilai masih kurang memeuhi harapan sebagai seorang guru professional. Kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap baik tidaknya kinerja guru. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana jenis penelitiannya yaitu ex-post facto. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Dalam penelitian ini ada 3 variabel, yang terdiri atas 2 (dua) variabel bebas yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja, dan 1 (satu) variabel terikat yaitu kinerja guru. Hasil penelitian ini yaitu: (1) pada variabel kepemimpinan kepala sekolah menunjukkan nilai F_hitung = 20,484 > F_tabel = 3,96 (N=80) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya variabel kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja guru. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 20,8%. Sedangkan sisanya 79,2% dipengaruhi variabel lainnya. (2) Pada variabel motivasi kerja menunjukkan F_hitung = 150,936 > F_tabel = 3,96 (N=80) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya variabel motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja guru. Pengaruh dari motivasi kerja terhadap kinerja guru memiliki nilai sebesar 65,9%, sedangkan sisanya 34,1% dipengaruhi variabel lain. (3) Pada variabel kinerja guru menunjukkan nilai F_hitung = 74,692 > F_tabel = 3,11 (N=80) dengan tingkat sig 0,000 < 0,05 yang artinya variabel kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara Bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja guru. Pengaruh dari kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru memiliki nilai sebesar 66%, sedangkan sisanya 34% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin baik kepemimpinan kepala sekolah dan semakin tinggi motivasi kerja guru maka semakin baik pula kinerja guru. Oleh karena itu kepala sekolah diharapkan mampu meningkatkan kemampuannya untuk memimpin, memotivasi guru sehingga kinerja guru akan meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Hilal Madjdi, M.Pd 2. Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 05:22
Last Modified: 23 Mar 2022 05:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16069

Actions (login required)

View Item View Item