SOPIATI, LAILY (2022) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sd se-dabin ii kecamatan karangtengah kabupaten demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (343kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (298kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (756kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (848kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (401kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) menganalisis pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, dan (3) menganalisis pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini dibuat karena kinerja guru di Kecamatan Karangtengah tepatnya Dabin II dinilai masih kurang memeuhi harapan sebagai seorang guru professional. Kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap baik tidaknya kinerja guru. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana jenis penelitiannya yaitu ex-post facto. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Dalam penelitian ini ada 3 variabel, yang terdiri atas 2 (dua) variabel bebas yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja, dan 1 (satu) variabel terikat yaitu kinerja guru. Hasil penelitian ini yaitu: (1) pada variabel kepemimpinan kepala sekolah menunjukkan nilai F_hitung = 20,484 > F_tabel = 3,96 (N=80) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya variabel kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja guru. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 20,8%. Sedangkan sisanya 79,2% dipengaruhi variabel lainnya. (2) Pada variabel motivasi kerja menunjukkan F_hitung = 150,936 > F_tabel = 3,96 (N=80) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya variabel motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja guru. Pengaruh dari motivasi kerja terhadap kinerja guru memiliki nilai sebesar 65,9%, sedangkan sisanya 34,1% dipengaruhi variabel lain. (3) Pada variabel kinerja guru menunjukkan nilai F_hitung = 74,692 > F_tabel = 3,11 (N=80) dengan tingkat sig 0,000 < 0,05 yang artinya variabel kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara Bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja guru. Pengaruh dari kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru memiliki nilai sebesar 66%, sedangkan sisanya 34% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin baik kepemimpinan kepala sekolah dan semakin tinggi motivasi kerja guru maka semakin baik pula kinerja guru. Oleh karena itu kepala sekolah diharapkan mampu meningkatkan kemampuannya untuk memimpin, memotivasi guru sehingga kinerja guru akan meningkat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Hilal Madjdi, M.Pd 2. Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Kinerja Guru |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 05:22 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 05:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16069 |
Actions (login required)
View Item |